Daerah

Rabu, 23 September 2020 - 05:34 WIB

9 bulan yang lalu

logo

Mahasiswa Umsida Gencar Sosialisasi Patuhi Protokol Kesehatan

Sidoarjo – Sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) gencar sosialisasikan pentingnya mematuhi protokol kesehatan (prokes). Sosialisasi itu dilakukan dengan memasang poster himbauan prokes yang ditempelkan di beberapa tempat umum di antaranya mushola, warung dan fasilitas umum lainnya.

Salah satu mahasiswa Umsida, Auzi Trisiyas Sulkha mengatakan, sebagai akademisi, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo ikut andil dalam menangani pandemi ini. Salah satu program kegiatan yang dilakukan oleh Mahasiswa Umsida adalah Kuliah Kerja Nyata (KKN) atau KKN-Tangguh-10 dalam edisi Covid-19.

“KKN-Tangguh yang dikerjakan oleh mahasiwa Umsida di lingkungan tempat tinggal masing-masing, dengan salah satu program kerja kesehatan yang berkaitan pencegahan penyebaran Covid-19 yakni, memberikan edukasi masyarakat terkait pencegahan Covid-19 melalui poster yang dipasang dan dibagikan kepada masyarakat di wilayah masing-masing anggota,” kata Auzi, Rabu (23/9/2020).

Menurutnya, cara memutus mata rantai penyebaran Covid-19 merupakan hal yang harus benar-benar dipahami oleh masyarakat. Seluruh elemen masyarakat pun diharapkan berpartisipasi agar penularan virus dapat teratasi.

“Kasus Covid-19 di Sidoarjo setiap harinya selalu mengalami peningkatan. Selain itu status zona merah yang ditetapkan oleh Tim Gugus Covid-19 melatar belakangi kami KKN Tangguh-10 untuk tetap bergerak memberikan edukasi bagi masyarakat dan mendukung pemerintah sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Ia menambahkan, poster himbauan patuhi protokol kesehatan itu berupa penggunaan masker, physical distancing serta cara mencuci tangan dengan benar. Kegiatan ini dipusatkan di Desa Pagerwojo, Desa Sidokerto Kecamatan Buduran, Dusun Mlangi Desa Ngaban Kecamatan Tanggulangin, Dusun Candi Desa Balongdowo Candi, Dusun Sidowayah dan Desa Sidowayah Celep Sidoarjo.

“Memasuki era “New Normal” banyak sekali masyarakat yang sudah mengabaikan protokol kesehatan. Terutama dalam hal pemakaian masker, physical distancing dan cuci tangan yang benar. Melalui kegiatan yang kami lakukan berupa pemasangan poster prokes ini, diharapkan masyarakat mampu mematuhi peraturan pemerintah untuk selalu menerapkan protokol kesehatan,” tutupnya.

Penulis : Auzi
Editor : Kholid

Artikel ini telah dibaca 108 kali

Baca Lainnya