Daerah Pemerintahan

Rabu, 21 Oktober 2020 - 18:12 WIB

8 bulan yang lalu

logo

Bansos PKH Bulan Oktober Mulai Disalurkan di Dua Kecamatan 

Malang-Dinsos Kota Batu menyalurkan bantuan beras yang terakomodir dalam program keluarga harapan (PKH). Bantuan ini diberikan untuk jatah penerima manfaat di bulan Oktober. Sedangkan bantuan pada bulan Agustus telah diberikan secara bersamaan dengan bantuan di bulan September.

Wakil Walikota Batu, Punjul Santoso hadir langsung meninjau penyaluran bansos PKH bulan Oktober yang dilakukan di Kelurahan Sisir, Kota Batu (Rabu, 21/10). Keluarga penerima manfaat (KPM) menerima bansos berupa beras seberat 15 kilogram per bulannya.

Ia menuturkan, bansos ini merupakan bentuk uluran tangan pemerintah agar meringankan masyarakat pra sejahtera terlebih di masa pandemi seperti ini.

Pendistribusian dilakukan dengan kerjasama antara Bulog dan Muspika Batu. Penyaluran bantuan di bulan Oktober baru berjalan selama dua hari. Per hari ini (Rabu, 21/10), bantuan diberikan ke sembilan desa/kelurahan di Kecamatan Bumiaji dan tiga desa/kelurahan di Kecamatan Batu.

“Untuk hari ini di Kecamatan Batu ada di Songgokerto, Sisir, dan Sidomulyo. Kalau Kecamatan Bumiaji keseluruhan ada sembilan desa/kelurahan semua,” ujar Punjul.

Per hari ini, bansos diberikan kepada 1400 KK dari total penerima sebanyak 3498 di Kota Batu. Penerima sebanyak 1400 KK itu terbagi di Kecamatan Batu sebanyak 300 KK dan Kecamatan Bumiaji sebanyak 1100 KK.

“Ini kan dari Kementerian Sosial, dari kita sendiri (Pemerintah Kota) juga memberikan bantuan untuk masyarakat,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, Pemkot Batu juga turut berkolaborasi dalam memperhatikan kebutuhan masyarakat Kota Batu, terlebih di masa pandemi covid-19 ini. Bantuan itu difokuskan kepada pemulihan ekonomi yang menyasar pelaku UMKM dan pekerja yang bergaji di bawah UMR.

“Dalam bidang pendidikan juga ada. Hal tersebut bertujuan untuk menyambung sirkulasi perekonomian di tengah masa pandemi” imbuhnya.

Ia berharap program yang dilakukannya ini bisa menekan angka kemiskinan di Kota Batu. Serta mampu menggerakkan sektor perekonomian.

“Ke depannya semoga covid-19 ini segera berakhir, perekonomian segera bisa berjalan dan kemiskinan semakin turun juga,” harap Punjul.


Reporter : Didit

Editor  : Setya

Artikel ini telah dibaca 68 kali

Baca Lainnya