Ekonomi Bisnis Nasional Pemerintahan

Kamis, 29 Oktober 2020 - 14:23 WIB

3 tahun yang lalu

logo

Sinergi SMK, IKM, dan OPOP dengan Maspion IT Untuk Pemulihan Ekonomi Jawa Timur

Surabaya – Sebanyak 300 SMK, para pelaku IKM (Industri Kecil Menengah), serta sejumlah pesantren yang aktif dalam program One Pesantren One Product (OPOP) di Jawa Timur, Universitas 17 Agustus (Untag) 45 Surabaya dan Aliansi Pendidikan Vokasional Seluruh Indonesia (Apvokasi) Jawa Timur, menyepakati kerja sama dengan Maspion IT. Penandatanganan kerjasama tersebut, dihadiri Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Presdir Maspion Group Alim Markus, di Mall Maspion Square, Rabu (28/10/2020).

Menurut Khofifah, kerja sama ini adalah bentuk sinergitas yang dilakukan Maspion IT dalam upaya menyokong pertumbuhan ekonomi Jatim. Kerjasama ini sebagai bentuk terwujudnya sinergi ABCG, yang terdiri dari Akademisi, Business, Community dan Government.

“Saat ini kita sudah memasuki era digitalisasi dalam dunia pendidikan dan proses perdagangan. Khusus untuk SMK, diharapkan kerjasama ini mampu meningkatkan skill labour (tenaga kerja trampil) lulusannya. Sedangkan untuk pelaku IKM dan OPOP, saya harapkan kerjasama ini meningkatkan akselerasi usahanya dengan kemampuan teknologi digital,” ujar Khofifah saat memberi sambutan usai penandatanganan kerja sama di Maspion IT.

“Saya sampaikan terima kasih pada Maspion IT. Mudah-mudahan semua bisa bersinergi dalam upaya percepatan pemulihan ekonomi di Jawa Timur. sambil tetap berusaha mengendalikan penyebaran Covid-19, ” tambahnya.

Sementara itu, Presdir Maspion Group Alim Markus menyebut bahwa Khofifah adalah gubernur cerdas yang sangat memahami dunia bisnis, khususnya di Jawa Timur. “Sehingga kami para pengusaha sangat semangat dalam ikut serta dalam upaya pemulihan ekonomi di Jawa Timur. Apalagi hari ini momennya sangat bagus, Sumpah Pemuda,” ujar Alim.

Lebih lanjut Alim menjelaskan harapan kedepannya, agar anak-anak muda lulusan SMK di Jawa Timur khususnya dan Indonesia pada umumnya, mampu menjadi IT Entrepreneur. “Semoga kerjasama awal dengan 300 SMK ini nantinya, mampu menciptakan satu juta pengusaha berbasis IT di Jawa Timur. Sedangkan untuk IKM dan OPOP, kami memiliki koperasi Maspion Bazar yang bisa menjadi tempat display dan pemasaran hasil produknya, ” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut ditandatangani sejumlah nota kesepahaman, diantaranya antara Maspion IT dangan 300 SMK di Jawa Timur, Bank Maspion dengan Asosiasi IKM, serta Maspion dengan OPOP, Untag 45 Surabaya dan Apvokasi.


 

Reporter: Ahmad

Editor: Joe Mei

Artikel ini telah dibaca 242 kali

Baca Lainnya