Daerah

Kamis, 29 Oktober 2020 - 08:25 WIB

8 bulan yang lalu

logo

Tingkatkan Irigasi Desa Tumapel Gresik Gunakan Program PKT

Gresik – Melalui Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI), Pembangunan infrastruktur irigasi kerakyatan,sehingga air dapat mengalir sawah sawah lahan pertanian warga petani setempat.

Tujuan utama Program Karya Tani (PTK) di Bidang Sumber Daya Air (SDA) ini adalah membangun dan memperbaiki saluran irigasi desa yang pengerjaannya dilakukan oleh petani atau penduduk setempat dengan diberikan upah sehingga menambah penghasilan.

Dengan tambahan penghasilan bagi petani tersebut, diharapkan jumlah uang yang beredar di desa meningkat dan menjadi stimulus pemulihan ekonomi lokal.

kegiatan PKT tersebut benar benar dilaksanakan untuk jangka panjang. Pertanian daerah irigasi waduk tumapel Kec. Duduk Sampean, Gresik.

Program ini menggunakan sumber dana APBN tahun 2020 dikerjakan melalui perbaikan infrastruktur saluran irigasi kecil sehingga akan mendukung produktivitas lahan pertanian karena mengurangi tingkat kehilangan air.

Jumlah anggaran  sebesar Rp 195 juta diserap dan digunakan untuk belanja material dan upah. Pelaksanaan program berupa pembangunan irigasi kecil dengan pemasangan batu sepanjang 129,05 meter, tinggi 1meter x 2 sisi dan dikerjakan oleh para petani sekitar dengan diberikan upah Tukang Rp.125.000,- pekerja Rp.100.000,-harian yang dibayar mingguan selama 75 hari.

Intinya skema program PUPR adalah yang mengerjakan petani sendiri, yang dikerjakan juga milik diri sendiri, dan manfaatnya juga untuk petani itu sendiri.telah dilaksanakan dengan baik di Desa Tumapel, kecamatan Duduk Sampean, Kab. Gresik.

Pekerjaan Program Padat Karya  dilaksanakan sesuai dengan Protokol COVID-19, seperti menjaga jarak fisik, menggunakan masker, bahkan saat awak media mewawancarai dilokasi, Rabu (28/10/2020).

“Alhamdulillah, selain menambah suplai air dan juga bisa meningkatkan pendapatan warga disaat pandemi covid 19 separti saat ini,” ujar salah satu pemuda warga setempat yang ikut dalam pengerjaan irigasi tersebut.

Kepala dusun Tumapel Ali mengatakan,
pelaksanaan pembangunan untuk meningkatkan jaringan irigasi.

“Pembangunan irigasi ini untuk jangka panjang dan banyak manfaatnya bagi petani sekitar,” pungkas Ali.

Sehingga aliran air kebutuhan sawah sawah bisa tercukupi dengan baik,untuk menunjang kebutuhan dan ketahanan pangan warga secara keseluruhan.


Reporter : Sriyono / Widji

Redaktur : Setyawan 

Artikel ini telah dibaca 159 kali

Baca Lainnya