Daerah

Rabu, 4 November 2020 - 10:50 WIB

3 tahun yang lalu

logo

Gelar MMD, Puskesmas Klampis Dan Desa Larangan Sorjen Siap Sukseskan Program Kesehatan

Bangkalan – Kerjasama yang baik antara petugas kesehatan dan aparat desa merupakan salah satu kunci dalam mewujudkan masyarakat hidup sehat.

Hal tersebut disampaikan H. Nasaruddin Saleh, S. Kep. Ns Kepala Puskesmas (Kapus) Klampis dihadapan peserta saat agenda Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) di Desa Larangan Sorjen Kecamatan Klampis, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Rabu (04/10/2020) siang.

“MMD, merupakan Musyawarah Rembuk Desa bersama petugas kesehatan yang membahas masalah kesehatan didesa, data MMD diperoleh melalui Survei Mawas Diri atau SMD, yang di lakukan kader kesehatan yang ada di desa tersebut,” kata Nasar.

Beberapa masalah kesehatan yang telah berhasil ditemukan di desa Larangan Sorjen, menurut Shaleh diantaranya, masih ada orang tua yang anaknya tidak mau di imunisasi,

“Dalam pembahasan MMD terebut disepakati untuk melakukan penyuluhan dan pendekatan keluarga oleh petugas kesehatan dan kader kesehatan desa agar masyarakat sadar dan anaknya mau di imunisasi.” ungkapnya.

Lebih lanjut masalah lain menurut Nasar yang ditemukan dalam SMD tersebut adalah masih ada KK yang belum memiliki jamban, sehingga pada kegiatan MMD tersebut disepakati perlu adanya penyuluhan dan pemicuan untuk mereka yang belum memiliki jamban agar membuat jamban keluarga.

“Dalam permasalahan kesehatan yang ada di Desa Sorjen Klampis, Kepala Desa Larangan Sorjen siap dan sepakat untuk memecahkan masalah didesanya, bersama petugas kesehatan dan kader kesehatan yang ada di desanya,” ujar Nasar.

“Kedepan harapan saya selaku Kapus klampis seluruh masalah kesehatan dapat teratasi dengan cara kerja sama yang baik antara petugas kesehatan dan aparat desa, sehingga tercipta kegiatan yang terpadu dalam pelaksanaan kegiatan,” ujar Nasar sembari berharap.

Senada dengan Nasar Kapus Klampis, H. Siput Kades Larangan Sorjen menyatakan siap mendukung dan kerjasama dengan Puskesmas Klampis dalam mensukseskan setiap program kesehatan.

“Untuk masalah kesehatan yang lain yang ada didesa kami siap untuk bekerja sama dan mendukung sepenuhnya program kesehatan yang disiapkan oleh puskesmas.” ujar Siput.


Reporter: Anam

Redaktur : Setiawan

Artikel ini telah dibaca 323 kali

Baca Lainnya