Daerah

Selasa, 10 November 2020 - 07:38 WIB

3 tahun yang lalu

logo

Manfaatkan Program PTSL, Desa Karang Binangun Kabupaten Lamongan Tergetkan 1200 Bidang Tanah Desanya Bersertifikat Pada April 2021

Lamongan – Ratusan warga di Desa Karang Binangun, menerima sertifikat program Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL), yang dilaksanakan di Balai Desa Karang Binangun, Kecamatan Karang Binangun, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Selasa (10/11/2020).

Sugianto, Kepala Desa Karang Binangun menyatakan, kegiatan ini sebagai program pemerintah pusat untuk mengurangi konflik pertanahan.

“Saya ucapkan terima kasih pada warga yang berpartisipasi dalam program ini. Juga kepada Pokmas selaku pelaksana program, yang bekerja keras mewujudkan hal ini. Saya berharap pada April 2021 program sertifikasi tanah ini bisa tuntas. Hingga di masa depan tidak terjadi konflik pertanahan di Desa Karang Binangun,” ujarnya.

Lebih lanjut Sugianto menjelaskan, bahwa sertifikasi ini menunjukkan kejelasan status tanah. Lebih dari itu, sertifikat tanah juga bernilai guna sebagai modal masyarakat untuk membuka usaha, demi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Saya harap warga memanfaatkan sertifikat ini dengan bijak sesuai peruntukkannya. Sebab sertifikat tanah dapat digunakan menjadi agunan pinjaman di bank. Tentunya pinjaman yang diajukan untuk kegiatan produktif, bukan konsumtif,” tuturnya.

Menurutnya, dari 900 bidang tanah yang diajukan dalam program PTSL 2020. Saat ini terdapat 134 bidang tanah yang telah bersertifikat di desanya.

“Harapannya pada 2021, 1200 bidang tanah di desa kami sudah bersertifikat. Karena itu kami mengingatkan seluruh warga desa agar memanfaatkan program tersebut,” pungkasnya.

PTSL merupakan program pemerintah pusat, untuk menertibkan kepemilikan status tanah. Melalui program ini, pemerintah menargetkan pada 2025 semua tanah di Indonesia telah bersertifikat.


Reporter: Wd.wjd

Editor: Joe Mei

 

Artikel ini telah dibaca 1225 kali

Baca Lainnya