Nasional

Sabtu, 14 November 2020 - 07:19 WIB

7 bulan yang lalu

logo

Teladani Spirit Pahlawan, HMI Tuban Ajak Millenial Jaga NKRI

Tuban – Berbagai cara dilakukan untuk memperingati Hari Pahlawan. Di Tuban, Jawa Timur, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) menggelar seminar dengan tema “Millenial Meneladani Semangat Kepahlawanan, Komitmen Membangun dan Menjaga NKRI”, Sabtu (14/11/2020).

Ketua Umum HMI Cabang Tuban, Ali Makhrus mengatakan, memanfaatkan momentum dan suasana Hari Pahlawan di bulan November, pihaknya sengaja mengadakan kegiatan tersebut untuk memberikan wawasan kebangsaan.

“Tujuan kami tidak lain untuk mengingatkan pada genarasi bangsa ini, akan jasa pahlawan yang telah berjuang dengan jiwa dan raga demi kemerdekaan negara Kesatuan Republik Indonesia,” katanya.

Menurut Ali, acara seminar selain dilaksanakan secara luring di gedung Korpri Tuban, juga dikemas secara online sehingga publik bisa menyaksikan via internet.

“Untuk kegiatan luring, seminar dilaksanakan dengan peserta terbatas serta tetap mengacu pada protokol kesehatan, mengingat untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Melalui momentum Hari Pahlawan, diharapkan peserta mempunyai kesadaran penuh untuk menjaga dan membangun bangsa Indonesia sesuai harapan dan cita-cita para pendiri bangsa ini.

“Kita harus meneladani semangat para pahlawan bangsa ini, kemudian tugas generasi muda adalah menjaga amanah. Tentu dengan menjaga NKRI sekaligus bagaimana membangunnya agar bisa menjadi bangsa yang hebat,” terangnya.

Ali menjelaskan bahwa menjaga NKRI dapat dilakukan dengan mengantisipasi semua pihak-pihak yang tidak ingin negara ini utuh dan besar. “Negara kita yang multi kultural harus dijaga melalui komitmen persatuan dan bingkai falsafah dan ideologi bangsa Indonesia yakni, Pancasila,” tegasnya.

Selain menjaga, sambung Ali, tentu sebagai generasi muda, khususnya kaum milenieal wajib mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangan para pahlawan dengan membangun bangsa melalui karya-karya positif.

Pada acara seminar yang diselenggarakan oleh HMI Cabang Tuban tersebut selain Ali Makhrus, pemateri lain yang mengisi di antaranya Usep Supriatna, yang merupakan akademisi dari Unirow dan Sisilia Mustafiana dari Kohati Badko Jawa Timur.


Editor : Kholid

Artikel ini telah dibaca 87 kali

Baca Lainnya