Daerah Kasuistika Politik

Selasa, 8 Desember 2020 - 05:51 WIB

3 tahun yang lalu

logo

Anggota Dewan Gresik Duga Ada Oknum Kades Gunakan BHP dan Bansos untuk Menangkan Paslon Tertentu

Gresik– Anggota Fraksi Nasdem DPRD Gresik, Nurhudi Didin Arianto mengungkapkan, dirinya mendapatkan informasi adanya sejumlah oknum kepala desa (kades) terang-terangan mendukung salah satu pasangan calon (Paslon) Cabup-Cawabup, jelang coblosan Pilkada Gresik 9 Desember 2020.

Menurut Nurhudi, oknum kades tersebut diduga memanfaatkan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Gresik berupa Bantuan Hasil Pajak (BHP) tahun 2020, untuk memenangkan salah satu paslon.

“Sebagai anggota Komisi I DPRD, saat ini sedang menggunakan fungsi pengawasan untuk menelusuri kebenaran informasi ini. Nominal BHP yang diterima desa minimal Rp 86 juta. Jika desanya gemuk jumlah BHP yang diterimanya bisa lebih besar,” ujarnya, Selasa (8/12/2020).

“Bukan hanya penggunaaan BHP APBD Gresik. Oknum kades tersebut, juga diduga memanfaatkan bantuan sosial untuk memenangkan paslon tertentu,” tambahnya.

“Saat ini kami sedang berkoordinasi dengan aparat penegak hukum, terkait informasi ini. Sebab jika benar adanya, maka para oknum kades tersebut berpotensi melanggar hukum dan juga tindak pidana korupsi,” pungkasnya.

Sebelumnya, untuk menjaga netralitas dalam Pilkada Gresik 9 Desember 2020, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto telah mengeluarkan instruksi untuk Aparatur Sipil Negara dan Kepala Desa (Kades), agar menjaga netralitas. Bupati bahkan mengeluarkan surat edaran (SE) No : 090/1432/437.73/2020, tertanggal 27 Agustus 2020.

SE dimaksud dalam rangka menjaga netralitas ASN dan Kades atau sebutan lain seperti Lurah selama berlangsungnya Pilbup Gresik. Di SE Bupati dimaksud, juga dicantumkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010, tentang PNS, dan pasal 71 UU No. 1 Tahun 2015, yang mengatur pejabat negara, pejabat ASN dan Kepala Desa atau sebutan lain seperti Lurah dilarang membuat keputusan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon bupati dan wakil bupati.


Reporter: Widji/Sriyono

Editor: Joe Meito

Artikel ini telah dibaca 371 kali

Baca Lainnya