Ekonomi Bisnis Pariwisata

Kamis, 10 Desember 2020 - 23:29 WIB

3 tahun yang lalu

logo

Ingin Tingkatkan Perekonomian Nelayan Romokalisari, Wali Kota Risma Resmikan Komplek SIR

Surabaya – Bertambah lagi sebuah tempat wisata kuliner yang edukatif di kota Pahlawan Surabaya. Ini setelah diresmikannya Komplek Sentra Ikan Romokalisari (SIR) oleh Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, Kamis (10/12/2020).

Komplek Sentra Ikan Romokalisari (SIR) yang baru diresmikan tersebut, merupakan perpaduan antara wisata kuliner, wisata bahari, dan pasar apung.. Dimana lokasinya berhadapan langsung dengan Pulau Galang. Hingga memberikan suasana pantai dan laut yang berbeda. Dan diharapkan, masyarakat yang berkunjung ke sana, dapat menikmati pemandangan laut yang indah.

Sentra Ikan Romokalisari berlokasi satu kawasan dengan Rusun Romokalisari yng dihuni nelayan

Menurut Risma, letak SIR ini masih satu kawasan dengan Rusun Romokalisari, yang penghuninya rata-rata berprofesi sebagai nelayan. “Modal utama adalah kebersihan. Nanti pengunjung di sini tidak hanya berbelanja. Tapi juga berwisata dan menikmati kuliner. Hingga perekonomian warga, in syaa Allah bisa meningkat,” ujarnya.

“Di sini juga ada Weather Information Display (WID) atau papan informasi cuaca. Dimana lewat papan elektronik ini, warga sekitar bisa mendapatkan informasi seputar kondisi cuaca. WID juga membantu memberikan informasi tentang keselamatan perairan,” ungkapnya, usai memotong pita peresmian dan nasi tumpeng sebagai bentuk rasa syukur.

Di sela peresmian, Risma juga meminta warga membentuk koperasi untuk menciptakan suasana yang rukun. “Nanti akan kami beri pelatihan. Bagaimana mengolah dan memasak hasil laut, Hingga memiliki nilai jual lebih dan menarik pembeli. Dan mulai sekarang belajar untuk mengelola keuangan, agar perekonomian bisa meningkat,” tambahnya.

Pasar Apung dan Wisata Bahari

“Jangan mau ketinggalan. Mari sama-sama kita buktikan, bahwa keluarga besar nelayan Romokalisari bisa maju dan sukses. Kuncinya mau belajar dan mau berubah. Semoga keberadaan Sentra Ikan Romokalisari ini bisa berdampak positif bagi warga sekitar,” pungkas walikota perempuan pertama di Surabaya tersebut.


Reporter: M Faaza

Editor: Joe Meito

Artikel ini telah dibaca 878 kali

Baca Lainnya