Hukrim

Senin, 21 Desember 2020 - 15:10 WIB

6 bulan yang lalu

logo

Polres Tanjung Perak Tangkap Sindikat Pembuat Surat Rapid Test Palsu di Surabaya

Surabaya – Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak mengamankan sejumlah pelaku pembuat surat keterangan rapid test palsu. Surat itu digunakan oleh penumpang kapal, agar mereka bisa naik kapal untuk keluar Pulau Jawa.

Menurut Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Ganis Setyaningrum, para penumpang tujuan kawasan Indonesia bagian Timur tersebut, mendapat surat rapid test palsu itu dari seorang pemilik agen perjalanan.

“Kami berhasil mengamankan 3 (tiga) pelaku, yaknil MR (55), BS (36), dan SH (46), yang masing-masing memiliki peran berbeda,” ujar Ganis, Senin (21/12/2020).

Tersangka MR merupakan pemilik agen travel perjalanan. Sementara BS adalah calo, dan SH adalah seorang pegawai honorer sebuah puskesmas, di wilayah hukum Polres Pelabuhan Tanjung Perak.

“Modusnya, MR dan BS menawari calon penumpang surat rapid test, tapi tanpa tes sesuai SOP kesehatan seharga Rp 100 ribu. Jika penumpang setuju, mereka meminta SH untuk membuatnya. Saat ini masih kami dalami adanya kemungkinan tersangka lain. Seperti dokter yang namanya tertera di surat rapid test itu, maupun perusahaan kapal swasta dan BUMN. Sebab kami mencurigai surat yang dibuat ini jumlahnya sudah ratusan,” pungkasnya.


Reporter: Ahmad

Editor: Joe Meito

Artikel ini telah dibaca 56 kali

Baca Lainnya