Hukrim

Kamis, 7 Januari 2021 - 13:50 WIB

3 tahun yang lalu

logo

Polres Tanjung Perak Gagalkan Penyelundupan 7Kg Sabu Jaringan Internasional

Surabaya – Sat Resnarkoba Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menggagalkan penyelundupan narkotika jenis sabu seberat 7,239 kg asal Malaysia. Dalam kasus ini, polisi juga menangkap SR (29), warga Kecamatan Ketapang, Sampang, Madura, selaku penerima kiriman sabu tersebut.

Menurut Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya AKBP Ganis Setyaningrum, kasus ini bermula saat pihaknya mendapat informasi dari petugas Bea Cukai tentang adanya sebuah paket berisi benda mencurigakan yang diduga sebagai narkoba.

“Paket tersebut dikirim melalui jasa ekspedisi PT Fazza Inti Logistik di Jalan Kalianak Surabaya, pada Senin (21/12/2020). Lalu kami melakukan penyelidikan dengan cara control delivery, hingga paket tersebut sampai ke tujuan penerima barang,” ujar Ganis, Kamis (7/1/2021).

“Pada Kamis (24/1/2021) paket tersebut sampai ke alamat yang dituju di Pamekasan Madura. Dan diterima pelaku SR, yang langsung kami amankan beserta barang bukti sabu seberat 7kg lebih itu,” tambahnya.

“Dari hasil pemeriksaan, SR mengaku jika ia di suruh temannya HV (DPO) untuk menerima paketan tersebut dengan bayaran sebesar Rp 20 juta. Sabu itu dikirim NR dari Malaysia, yang saat ini masih DPO juga,” ungkap Ganis.

Untuk mengelabui petugas, sabu seberat total 7,239 kg tersebut dibagi menjadi 8 paket terbungkus kain handuk dan dimasukkan dalam tabung kompresor. Dan rencananya akan diedarkan sebelum malam pergantian tahun.

“Pelaku akan kami jerat pasal 114 ayat (2) subs pasal 113 ayat (2) jo pasal 112 ayat (2) jo Pasal 132 ayat (1) undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman 20 tahun penjara,” pungkasnya.


Reporter: Ahmad

Editor: Joe Meito

Artikel ini telah dibaca 226 kali

Baca Lainnya