Pendidikan

Kamis, 14 Januari 2021 - 09:45 WIB

5 bulan yang lalu

logo

36 Peserta Pra UKW Solopos Di Gelar Secara Daring

Solo – Sebanyak 36 peserta pra Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) Solopos gelombang II diselenggarakan secara daring dengan menggunakan aplikasi zoom, Kamis (14/1/2021).

Dari 36 peserta UKW diantaranya berasal dari Kalimantan Tengah 2 orang, Jawa Tengah 4 orang, Jawa Timur 30 orang.

Para peserta mengikuti UKW dengan jenjang tingkatan berbeda yakni 34 wartawan mengikuti ujian tingkat muda dan 2 orang mengikuti jenjang utama.

Foto : Istimewa

Sedangkan pra UKW dipandu dengan 3 narasumber diantaranya Suwarmin dan Tifaul Arifin ini, merupakan penguji UKW satu narasumber lagi dari pemimpin redaksi Solopos Grup, Rini Yustiningsih.

Dialog Pra UKW pertama dipaparkan Suwarmin, membahas tentang profesionalisme wartawan, undang-undang pers, kode etik jurnalistik.

“Ketiga materi ini akan di ujikan pada UKW mendatang,” ujar Suwarmin, saat memberikan materi kepada peserta UKW secara daring.

Selanjutnya, disambung dengan Tifaul Arifin menjelaskan 12 materi dan pelaksanaan UKW secara garis besar.

“Tidak usah kuatir, biasa saja UKW itu karena yang di ujikan merupakan pekerjaan sehari-hari wartawan,” katanya dengan menyakinkan semua peserta.

Sementara pemimpin redaksi Solopos Grup, Rini Yustiningsih menjelaskan, materi teknik menulis yang benar dan menyunting berita.

“Ternik dasar dalam penulisan berita itu 5 W + 1 H dan setiap penulisan kata harus dicermati supaya tidak ada kata typo dalam berita yang akan disajikan,” pungkas Rini sapaan akrab sosok wanita yang dikenal sebagai trainer google ini.


Redaktur : Rizchi Hari Setiawan 

Artikel ini telah dibaca 126 kali

Baca Lainnya