Nasional

Sabtu, 16 Januari 2021 - 22:50 WIB

3 tahun yang lalu

logo

Gunung Semeru Erupsi Keluarkan Awan Panas Berjarak 4,5 KM

Surabaya, klikku.net – Gunung Semeru di Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mengalami erupsi mengeluarkan awan panas, Sabtu (16/1/2021) sekira pukul 17.24 Wib.

Dampaknya, selain membuat warga panik. Banyak pengendara R4 maupun R2, terkena paparan Debu Awan Panas Guguran (APG). Akibatnya, tanaman baik persawahan maupun perkebunan, tertutup debu vulkanik.

“Iya benar, Sabtu sore gunung semeru mengalami erupsi dan mengeluarkan awan panas,” ujar Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Gatot Repli Handoko, Sabtu (16/01/2021).

Menurut Gatot, di lokasi sempat terjadi hujan debu Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru yang mengarah ke tenggara/ besuk curah kobokan, dengan jarak luncuran 4,5 Km dan angin mengarah ke utara.

Sementara pada pukul 18.35 WIB, getaran APG Gunung Semeru telah berhenti, amak 22 mm durasi 4287 detik, jarak luncur kl 4 Km arah Besuk Kobokan.

Namun sekira pukul 20.30 wib Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang menyatakan kondisi sudah kembali normal dan terkendali. Namun diharapkan, masyarakat sekitar tetap waspada dan berhati-hati mengantisipasi adanya aktivitas di area terdampak material awan panas

Adanya kejadian tersebut, Polda Jatim akan mengirim pers Sat Brimob, Dit sabhara dan Biddokkes dalam ops kemanusiaan, untuk membantu masyarakat yang terdampak erupsi gunung semeru. Dan saat ini masih dilakukan koordinasi dengan polres lumajang.


Editor: Joe Meito

Artikel ini telah dibaca 311 kali

Baca Lainnya