Hukrim

Rabu, 20 Januari 2021 - 08:00 WIB

3 tahun yang lalu

logo

Polsek Jambangan Amankan Pengedar Upal di Sentra PKL Karah Surabaya

Surabaya, klikku.net – Unit Reskrim Polsek Jambangan mengungkap sindikat peredaran uang palsu (Upal) jaringan luar kota, dan menangkap 3 (tiga) pelakunya. Mereka adalah M. Nur Kosim dan Hosim alias Rekso, warga Solo Jawa Tengah, serta Warji warga Nganjuk Jawa Timur.

Menurut Kapolsek Jambangan Surabaya, Kompol Isharyata, kasus ini terungkap saat anggotanya menggelar sosialisasi prokes di sentra PKL Pujasera Karah Surabaya. “Saat itu anggota mencurigai gerak gerik salah satu tersangka, yaitu M. Nur Kosim,” ujarnya saat jumpa pers, Rabu (20/1/2021).

“Setelah dilakukan penggeledahan, kami menemukan 1051 lembar uang palsu pecahan Rp.100 ribu. Maka tersangka langsung kami amankan ke Mapolsek untuk pemeriksaan lebih lanjut. Ternyata saat itu tersangka M. Nur Kosim akan menjual upal tersebut pada R yang berhasil kabur senilai Rp 30 juta,” tambahnya.

“Tersangka M. Nur Kosim mengaku mendapat upal ini dari Warji di Nganjuk. Dari Warji didapatkan nama Hosim alias Rekso, yang langsung kami ringkus semua,” pungkasnya.

Dalam kasus ini, polisi mengamankan total 2459 lembar uang palsu pecahan Rp.100 ribu. Dan para tersangka akan dijerat dengan Pasal 36 ayat 2, 3 UU RI No.7 tahun 2011 tentang mata uang dan Pasal 245 KUHP dengan ancaman 10-15 tahun penjara,


Reporter: Basori

Editor: Joe Meito

Artikel ini telah dibaca 464 kali

Baca Lainnya