Hukrim

Senin, 25 Januari 2021 - 10:13 WIB

3 tahun yang lalu

logo

Gelapkan Akta SHM, Makelar Tanah Ditangkap Polda Jatim

Surabaya, klikku.net – Ditreskrimum Polda Jatim membekuk AW (41) warga Jalan Ahmad Yani Siwalankerto, Kecamatan Wonocolo, Surabaya, karena terlibat aksi penipuan.

Pria yang ditangkap di Solo, Jawa Tengah tersebut, diduga melakukan pemalsuan surat keterangan dalam akta autientik atau penipuan atau penggelapan berkaitan dengan SHM 656 dan 657 sejak 2017 hingga 2019, di Desa Tambaoso Oso, Kabupaten Sidoarjo.

Menurut Dirreskrimum Polda Jatim Kombes Pol Totok Suharyanto, pelaku menggelapkan akta SHM milik korban ER dan MR.

“Tersangka AW ini bertindak seolah-olah sebagai makelar tanah. Untuk meyakinkan korban, tersangka memberikan cek dengan nilai 225 Miliar kepada korban,” ujarnya, Senin (25/1/2021).

“Selain itu, tersangka juga memperlihatkan kepada korban pelalor, sejumlah uang yang diduga palsu dalam lemari pakaian tersangka dengan nilai 6 Miliar. Karena terpedaya, korban pelapor lalu menyerahkan 3 akta SHM kepada tersangka,” tambahnya.

Oleh pelaku, 3 akta SHM milik korban, digadaikan ke pihak lain dengan nilai Rp 43,7 Milyar. Lalu uang hasil penipuan ini, digunakan tersangka untuk membeli mobil serta tanah, yang sudah diamankan polisi.

“Kami akan jerat tersangka dengan Pasal 372, 378 dan Pasal 3 Pasal 4 Pasal 5 UU nomor 8 tahun 2010 tentang TPPU,” pungkas Totok


Reporter: Ahmad

Editor: Joe Meito

 

 

Artikel ini telah dibaca 204 kali

Baca Lainnya