Lifestyle

Jumat, 5 Februari 2021 - 09:47 WIB

3 tahun yang lalu

logo

Jelang Perayaan Imlek 2572, Pengurus dan Umat Bersih-bersih Klenteng Coklat Hok An Kiong Surabaya

Surabaya, klikku.net – Sejumlah pengurus dan umat Klenteng Hok An Kiong Yayasan Sukhaloka di Jalan Coklat Surabaya, menggelar kegiatan bersih-bersih klenteng, Jumat (5/2/2021). Selain membersihkan seluruh ruangan dan bagian klenteng, seluruh rupang atau patung dewa juga dibersihkan dengan cara dicuci dengan air sabun hingga bersih.

Menurut Ketua Pengurus Ida Trilaksanawati, bersih-bersih klenteng jelang perayaan Imlek, merupakan kegiatan wajib yang digelar setiap tahun.

“Bersih-bersih klenteng jelang perayaan Imlek kita laksanakan setelah digelar sembahyang mengantar Dewa ke Nirwana. Jadi saat ini, para Dewa sedang menghadap Tuhan YME untuk melaporkan semua amal umat manusia. Karena itu, kita bersihkan rupang atau patung Dewa ini. Agar saat para Dewa kembali turun ke Bumi nanti, semua dalam keadaan bersih,” ujarnya.

Ida juga menjelaskan, sejak pandemi Covid-19, seluruh kegiatan klenteng dihentikan. Baik kegiatan yang bersifat keagamaan, maupun yang bersifat sosial.

“Kami mengikuti anjuran pemerintah untuk tidak menggelar kegiatan yang sifatnya mengumpulkan orang. Jadi semua kegiatan kami tiadakan. Seperti baksos bagi sembako saat Sembahyang Rebutan, maupun sembahyang bersama saat malam Imlek. Jadi tahun ini, sembahyang malam Imlek kami tiadakan. Tapi pada tanggal 1 Imlek hingga Cap Go Meh, klenteng tetap kami buka. Jadi umat tetap bisa sembahyang, asalkan mematuhi protokol kesehatan,” tambahnya.

Selain patung dewa, sebanyak 22 altar sembahyang Dewa juga dibersihkan. Aksesori altar dan para Dewa yang terbuat dari kain juga dicuci. Kegiatan ini sebagai simbol bahwa tahun baru, harus dimulai dengan kebersihan, serta kesucian jasmani dan rohani.

Kelenteng Hok An Kiong Yayasan Sukhaloka atau biasa dikenal sebagai Klenteng Coklat, merupakan salah satu klenteng tua yang paling banyak memiliki altar Dewa, dibandingkan dengan kelenteng-kelenteng lainnya di Surabaya.


Reporter: M Faaza

Editor: Joe Meito

Artikel ini telah dibaca 710 kali

Baca Lainnya