Daerah Kasuistika Pemerintahan

Sabtu, 13 Februari 2021 - 05:54 WIB

3 tahun yang lalu

logo

Pangky Yonkyanata Manajer PT PLN Unit Bangkalan. (Foto : klikku.net / doc.ist / Anam)

Pangky Yonkyanata Manajer PT PLN Unit Bangkalan. (Foto : klikku.net / doc.ist / Anam)

Diduga Pemadaman Sepihak Oleh PLN Bangkalan Dikeluhkan Pelanggan

Bangkalan | klikku.net — Pelayanan PLN di Kabupaten Bangkalan, Provinsi Jawa Timur akhir-akhir ini dikeluhkan oleh para pelanggan akibat sering padam tanpa pemberitahuan.

Keluhan itu diantaranya disampaikan oleh warga di Kecamatan Burneh, menurutnya, pemadaman listrik tersebut dilakukan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, oleh karenanya warga merasa kecewa dengan pelayanan PLN setempat.

“Disini sering terjadi pemadaman listrik hingga ber jam-jam, kami sebagai konsumen merasa sangat kecewa pada kinerja PLN Bangkalan. Beda lagi kalau ada curah hujan atau angin kencang itu kami memaklumi, tapi ini tanpa sebab tiba-tiba ada pemadaman listrik,” ungkap salah satu warga pada media yang namanya enggan disebutkan dengan rawut wajah kecewa.

Karena menurut dia, sebagai konsumen juga berhak mendapat pelayanan maksimal dari pihak PLN, sebab jika sering dilakukan pemadaman harusnya memberikan sosialisasi secara berkala pada setiap pelanggan agar bisa melakukan antisipasi.

“Pihak PLN terlebih dahulu harus menginformasikan kepada masyarakat tentang pemadaman listrik, jangan kemudian dilakukan secara sepihak. Kalau disini mas hampir rutin mati lampu alasannya ya gardunya rusak atau alasan lainnya, intinya kami masyarakat sangat dirugikan dan kecewa,” ujarnya.

Keluhan senada juga disampaikan pihak perusahaan PT. Telkomsel beberapa waktu lalu pada media, langkah yang dilakukan oleh pihak PLN mengenai seringnya terjadi pemadaman listrik diwilayah Kabupaten Bangkalan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, itu diakui sangat mengecewakan dan merugikan bagi pihak perusahaan tersebut, sebab kata dia, diantaranya sering mengalami kehilangan batrey celter celuler.

“Seharusnya pihak PLN sebelum melakukan pemadaman memberitaukan terlebih dulu pada pihak kami, mungkin kami bisa menyiapkan genset atau sejenisnya agar cctv tetap menyala, juga agar kami bisa tetap mengawasi keberadaan celter kami,”tuturnya.

Menanggapi keluhan masyarakat tersebut, Pangky Yonkyanata Manajer PT PLN Unit Bangkalan meminta maaf dan mengatakan, alasan tidak adanya pemberitahuan terlebih dahulu pada pelanggan dan masyarakat.

“Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, Padam diakibatkan karena gangguan bukan pemadaman terencana sehingga tidak bisa kami informasikan sebelumnya,”ujarnya menanggapi saat dikomfirmasi melalui pesan WhatsApp miliknya.

Walau begitu Pangky sapaan akrabnya menjelaskan, selama ini pihaknya untuk mengantisipasi terjadinya padam listrik akibat cuaca buruk sudah melakukan beberapa langkah persiapan pengamanan pohon yang dekat dengan jaringan.

“Padam ini disebabkan karena ada pohon yang roboh menimpa kabel PLN dibeberapa lokasi karena cuaca angin yang agak kencang. Petugas kami setiap hari terus berusaha mengamankan pohon yg mendekati jaringan agar tidak terjadi gangguan atau padamnya aliran listrik,”jelasnya menanggapi.


Reporter : Anam
Editor : Redaksi

Artikel ini telah dibaca 1173 kali

Baca Lainnya