Daerah Hallo Polisi Kasuistika Pemerintahan

Sabtu, 20 Februari 2021 - 09:12 WIB

3 tahun yang lalu

logo

Saat giat penguburan puluhan bangkai ikan paus di pantai Modung, Bangkalan. (Foto : klikku.net / ist)

Saat giat penguburan puluhan bangkai ikan paus di pantai Modung, Bangkalan. (Foto : klikku.net / ist)

Penguburan Puluhan Bangkai Paus Dipantai Modung Dihadiri Polres Bangkalan

Bangkalan | klikku.net — Tragedi datangnya puluhan ikan Paus Pilot di Pesisir Pantai Dusun Baton, Desa Patereman, Kecamatan Modung pada Kamis (18/02) lalu yang sempat menggegerkan masyarakat, saat ini puluhan ikan tersebut mulai membusuk ditempat.

Pemerintah melakukan beberapa langkah penanganan, mulai dari upaya mengembalikan ikan yang masih hidup ketengah laut, pendeteksian penyebab kedatangannya hingga penguburan puluhan ikan paus tersebut yang sudah mati dan mulai membusuk dipantai.

Kapolres Bangkalan AKBP Didik Hariyanto, S.I.K yang  hadir pada giat penguburan massal ikan laut jenis Paus Pilot sebanyak 49 ekor tersebut pada Sabtu (20/02) pagi hingga sampai jam 13.30 WIB bersama rombongan.

Puluhan bangkai ikan paus sudah mulai membusuk dan akan dikubur. (Foto : klikku.net / ist)

Giat penguburan puluhan bangkai ikan Paus Pilot yang terdampar di perairan Madura tersebut selain di hadiri Kapolres Bangkalan, turut hadir pula Kabid BBKSDA Jatim Wiwid Widodo beserta staf, Konsultan Paus dan Lumba-Lumba Kementrian Kelautan dan Perikanan Amang beserta staff, Pengasuh Ponpes AL-Anwar KH. Mukhlis Mukhsin, Kasat Intelkam Polres Bangkalan AKP Akhmad Junaidi, SH, Kapolsek Modung AKP SUWAJI, SH dan Anggota, Camat Modung Heri Arifin, SH dan staf, Danramil 0829/12 Modung KAPTEN ( Inf ) Nur Hamzah dan anggota dan Kepala Desa Patereman Auda Fardiam bersama perangkat desa setempat.

Kapolres Didik Hariyanto, S.I.K, pada momen tersebut mengatakan proses penguburan puluhan ikan Paus Pilot ini menggunakan dua unit alat berat berupa eksavator.

“Untuk menguburkan bangkai ikan Paus Pilot ini kami menggunakan dua unit alat berat eksavator untuk memindahkan dan mengangkat bangkai ikan tersebut, untuk proses penggaliannya kita juga masih menunggu air laut surut dulu, ” kata Didik pada media.

Selain itu dia menjelaskan, sebelum puluhan bangkai ikan paus tersebut dikuburkan secara massal telah dilakukan terlebih dahulu pembacaan do’a yang dipimpin oleh KH.Muhklis Mukhsin.

“Pukul 06.00 – 08.30 Wib proses penggalian untuk tempat penguburan Paus Pilot di titik pertama, kemudian Pukul 08.30 – 10.00 Wib proses penguburan paus pilot sebanyak 25 ekor dan sebelumx terlebih dahulu dilakukan doa oleh KH. Mukhlis Mukhsin,” ujar Didik Hariyanto.

Mengenai rentetan agenda penguburan puluhan Paus itu Didik menyatakan pada pukul 10.00 Wib – 11.30 Wib melakukan penggalian dan penguburan dititik kedua sebanyak 17 ekor, dan terakhir pukul 11.30 Wib – 13.30 Wib pihaknya melakukan penggalian dan penguburan di titik ke tiga sebanyak 7 ekor.

“Alhamdulillah, proses penguburan massal puluhan ikan laut jenis Paus Pilot ini berjalan kondusif dan aman,” kata Didik menyatakan.


Reporter : Anam
Editor : Redaksi

Artikel ini telah dibaca 314 kali

Baca Lainnya