Daerah Pemerintahan Pendidikan

Rabu, 24 Februari 2021 - 16:22 WIB

4 bulan yang lalu

logo

Dewan Pendidikan Kabupaten Bangkalan saat setelah lakukan kunjungan pada Cabang Dinas SMA sederajat di kabupaten setempat. (Foto : klikku.net / Anam)

Dewan Pendidikan Kabupaten Bangkalan saat setelah lakukan kunjungan pada Cabang Dinas SMA sederajat di kabupaten setempat. (Foto : klikku.net / Anam)

Terus Bergerak, DP Bangkalan Kunjungi Cabdin Pendidikan SMA Sederajat

Bangkalan | klikku.net — Paska dikukuhkannya Dewan Pendidikan (DP) Kabupaten Bangkalan, Provinsi Jawa Timur pada waktu lalu, beberapa kegiatan terus dilakukan dalam mengoptimalkan setiap capaian menuju pendidikan semakin bermutu.

Seperti halnya kegiatan kunjungan pada jajaran Pejabat Cabang Dinas Pendidikan SMA sederajat di kantornya yang berlokasi diseberang jalan kantor pemda setempat pada Selasa (23/02) siang.

Paska agenda tersebut H. Mustahal Rasyid, M.Pd Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Bangkalan mengungkapkan latar belakang kunjungan tersebut dilakukan, pada awak media yang menemuinya langsung dihalaman kantor Cabdin tersebut.

H. Mustahal Rasyid, M.Pd Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Bangkalan kala dimintai keterangan awak media. (Foto : klikku.net / Anam)

“Ada sekitar 132 lembaga negeri dan swasta di Kabupaten Bangkalan, namun hanya beberapa murid saja yang berprestasi, itupun dibidang olah raga, oleh karenanya saya berharap agar ditingkatkan lagi pendidikan disini sehingga dapat lebih maju dari kabupaten yang lain,” ujar Rasyid memaparkan.

Pada kesempatan itu pihaknya juga berharap agar penyelenggaran pendidikan selain secara maksimal mendorong para anak didik khususnya setingkat SMA terus berprestasi dia juga berharap agar penyelenggaraan pendidikan dilakukan lebih transparan.

“Saya harap semuanya bisa transparan baik proses penerimaan siswa baru maupun terhadap yang lainnya. Jangan sampai yang seharusnya masuk tidak masuk. Dan tidak boleh ada yang ditutup-tutupi kepada masyarakat,” ujar Rasyid berharap.

Mengenai regulasi serta pelaksanaan Program Indonesia Pintar (PIP) dirinya mengatakan walau tidak punya wewenang namun pihaknya berharap agar program tersebut terlaksana dengan baik.

“Kalau PIP di SMA dan SMK, itu sudah paten kewenangan Proviensi Jawa timur, jadi bukan ranah kita mas, dan kita hanya bisa memberikan masukan saja. Yang jelas kita tadi hanya menyampaikan perihal keluh kesah masyarakat dan membahasan permasalahan yang ada di SMA maupun di SMK tersebut,” ujarnya.

Masih mengenai kunjungan DP Bangkalan, Sunarto Kepala Cabang Pendidikan SMA/SMK Wilayah Kabupaten Bangkalan dihadapan awak media menyatakan tidak tahu menahu perihal data maupun regulasi pelaksanaan PIP secara detail.

“Kami tidak mengerti tentang bagaimana proses pengajuan dan pencairannya. Disini hanya sifatnya menerima surat dari pusat, bahwa di Bangkalan dana PIP belum dicairkan oleh pihak lembaga sekolah,” tuturnya.

Masih seputar regulasi pendidikan dia juga menyampaikan, pada tahun 2021 untuk sekolah dengan jumlah siswa dibawah 60 secara otomatis tidak akan menerima dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Selain itu Sunarto yang saat ini menaungi 132 lembaga SMA sederajat menyatakan beberapa lembaga minim peserta didik bahkan ada yang tidak mencapai angka minimal untuk memperoleh dana BOS.

“Jadi secara keseluruhan lembaga SMA dan SMK semuanya ada 132 Lembaga. Dan jujur saja SMA dan SMK yang swasta ini muridnya sangat minim, rata-rata dibawah 100 bahkan banyak yang muridnya di bawah 50 siswa,” jelas Sunarto diruang kerjanya.


Reporter : Anam
Editor : Redaksi

Artikel ini telah dibaca 149 kali

Baca Lainnya