Daerah

Kamis, 4 Maret 2021 - 09:12 WIB

4 bulan yang lalu

logo

Perbaikan Jalan Longsor Makam Putri Cempo Dinas PU Anggarkan 5 Miliar

Gresik,| klikku.net –  Dianggarkan Rp5 miliar untuk perbaikan longsor di jalan menuju Kompleks makam keramat Putri Cempo (Pucem) yang ada di Kelurahan Ngargosari, Kecamatan Kebomas, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Gresik merasa anggaran itu kurang.

Kepala Dinas PU Gresik, Gunawan Setijadi mengungkapkan, untuk itu, perbaikan jalan yang juga sebagai penghubung antara Kelurahan Gending dengan Desa Ngargosari akan dilakukan secara bertahap.

“Tahun ini kami hanya memiliki anggaran Rp5 miliar, namun itu tidak cukup. Jadi akan kami perbaiki bertahap, mana yang kita dulukan. Akan kita dulukan untuk penanganan yang dibawah, karena hanya Rp5 miliar anggaran yang tersedia” ungkap Gunawan,, Kamis (4/3/2021).

Untuk itu, Dinas PU akan koordinasi dengan Bupati Gus Yani dalam mengambil langkah terkait anggaran perbaikan, dan sifatnya adalah penanganan darurat.

Jalan itu, dikatakan Gunawan telah terjadi longsor dengan panjang sekitar 100 meter dan memiliki kedalaman hingga 20 meter pada setahun yang lalu.

Penanganan jalan itu, Dinas PU Gresik menerjunkan tim untuk mengkaji dan melakukan penelitian lapangan dengan memasang alat pendeteksi longsor.

“Kita sudah satu tahun lalu melakukan penelitian dengan memasang Inklinometer untuk mengetahui pergerakan atau pergeseran tanah. Sehingga kita tahu titik pergeseran tanah tersebut” ungkapnya.

Setelah mengetahui titiknya, diterangkan Gunawan, jika tanah sudah tak terjadi pergeseran, maka akan dimulai perbaikan.

“Perbaikan akan kami awali dengan membuat desain” tegasnya.

Gunawan membeberkan, di kawasan ini ada permasalahan terkait sifat tanah dasar. Tanah dasar di kawasan ini adalah tanah lanau atau tanah yang terdiri dari pasir dan lempung.

“Artinya, tanah tersebut jika kena air akan menjadi lumpur cair langsung ‘glender’. Dan itu yang menjadi penyebab terjadinya longsor hingga panjang dan dalam. Jadi gunung ini sifatnya seperti itu” beber dia.

Kedepan, Dinas PU terus mengawasi kondisi kawasan tersebut, terkait perkembangan pergerakan tanah agar dapat dilakukan langkah antisipasi.

“Sekarang kita pasangi terpal untuk mencegah terjadinya longsor susulan, mengingat sekarang musim hujan. Dan untuk masyarakat jika melintas di jalan ini diminta untuk hati hati” pungkas Gunawan.


Reporter : Sukarji

Editor    : Setya

Artikel ini telah dibaca 112 kali

Baca Lainnya