Hukrim

Senin, 8 Maret 2021 - 10:43 WIB

3 tahun yang lalu

logo

Polrestabes Surabaya Amankan 21 M Dolar Palsu Asal Bali

Surabaya | klikku.net – Sebanyak 15 ribu lembar uang palsu pecahan 100 USD, diamankan Unit Resmob Polrestabes Surabaya. Upal senilai Rp 21 M itu, diamankan dari tersangka IWW (42) warga Denpasar Bali dan SMJ (56) warga asal Bangli Bali.

Menurut Kasat Reskrim AKBP Oki Ahadian, kasus ini terungkap saat kedua tersangka mencoba memasukkan dolar palsu itu ke bank.

“Kedua tersangka asal Bali ini bertemu dengan saksi Josep Franklin Kunya di Jalan Penghela Surabaya, pada Desember 2020. Saat itu, tersangka IWW menyerahkan 2300 lembar pecahan dolar palsu pada Josef, agar dimasukkan dalam tabungan bank,” ujar Oki, Senin (8/3/2021).

“Karena jumlah uangnya banyak, maka saksi Josep menghubungi Firman Hadi Prasetyo, yang merupakan pegawai Bank Mandiri cabang Pahlawan Surabaya. Oleh saksi Firman, semua dolar palsu itu dilakukan pemeriksaan keaslian. Hasilnya, dolar ini palsu semua,” tambahnya.

“Meski kualitasnya cukup baik. Dolar palsu ini memiliki sejumlah perbedaan dengan dolar asli. Selanjutnya petugas bank menghubungi kami. Dan kami ringkus kedua tersangka lokasi yang sama,” ungkapnya.

“Dari hasil interogasi, kedua tersangka mengaku hanya bertugas sebagai kurir untuk membawa dolar palsu itu dari Bali menuju Surabaya. Saat ini, kasusnya masih kami dalami. Guna mengungkap jaringan pengedar dolar palsu antar pulau ini,” pungkasnya Oki.


Reporter: Ahmad

Editor: Joe Meito

Artikel ini telah dibaca 247 kali

Baca Lainnya