Kasuistika

Minggu, 14 Maret 2021 - 05:06 WIB

3 tahun yang lalu

logo

Konspirasi Tambang Galian C Hancurkan Kelangsungan Hidup

Mojokerto- Maraknya tambang galian C di Kabupaten Mojokerto makin menjamur, menurut beberapa sumber yang terpercaya, praktik ilegal maining tersebut duga bodong alias tak ada berijin.

Dugaan sementara ada keterlibatan oknum petugas wilayah yang konspirasi dengan pelaku tambang. Terbukti aktivitas penambangan liar tersebut masih terus di biarkan, bahkan mereka dengan enaknya menjalankan aktivitasnya dengan terang-terangan.

Bahkan, akibat penambangan pasir ini banyak merugikan masyarakat sekitar. Seperti menyebabkan jalan rusak, hingga kesulitan mendapatkan air.

“Ya gara gara banyaknya penambangan, pagar rusak, jalan rusak semua, kemudian kita sulit mendapatkan air bersih,” tutur ibu yang enggan disebutkan namanya.

Hal tersebut merupakan ulah dari penambangan liar di desa Kepuhpandak Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto Jawa timur.

Akibat dari praktik penambangan yang diduga ilegal tersebut masyarakat resah akibat dampak debu dan kerusakan jalan yang terjadi.

Tiap hari puluhan dump truk pengangkut pasir berlalu lalang melewati jalan poros desa hingga kondisi jalan tidak karuan.

Menurut aktivis pemerhati lingkungan Suliwa, aktivitas penambangan tersebut tidak boleh di biarkan, kerusakan alam di desa setempat sudah melebihi ambang batas.

“Ini akan berpotensi terjadinya bencana alam, dalam jarak dekat kami akan mengirim surat ke kementrian lingkungan hidup, akibat kerusakan alam yang terjadi mojokerto,” pungkas Suliwa.


Reporter : Hartono

Editor   : Setya

Artikel ini telah dibaca 663 kali

Baca Lainnya