Daerah Pemerintahan

Minggu, 14 Maret 2021 - 15:12 WIB

3 bulan yang lalu

logo

Kiri Syaiful Anam Ketua Pejalan bersama Moh. Hosen Ketua Kaki Bangkalan. (Foto: klikku.net / ist)

Kiri Syaiful Anam Ketua Pejalan bersama Moh. Hosen Ketua Kaki Bangkalan. (Foto: klikku.net / ist)

Lembaga Kaki dan Pejalan Komitmen Dorong Kinerja Pemda Bangkalan

Bangkalan | klikku.net — Berbagai jenis dukungan masyarakat pada semakin majunya Kabupaten Bangkalan, Provinsi Jawa Timur pada beberapa sekmen terus mengalir.

Diantaranya Ketua DPD Komite Anti Korupsi Indonesia kabupaten setempat Moh Hosen mengaku siap mendorong beberapa aspek yang akan mempermudah pada laju kemajuan kabupaten setempat.

“Yang saya lihat Pemda Bangkalan perlu melakukan banyak inovasi ya untuk memajukan kabupaten yang dikenal dengan kota dzikir dan shalawat ini, diantaranya perlu menggalakkan kerjasama dengan para tokoh muda dalam mencapai relaisasi visi yang telah dicanangkan sewaktu menjelang pilkada dulu.” ujar Hosen.

Sebab menurutnya pada kemajuan bangsa Indonesia selama ini memang digagas dari pemikiran, konsep serta tindakan nyata dari kalangan muda seperti halnya memprokamasikan Indonesia oleh bung Karno, Hatta dan Sahrir pada kala itu.

“Tentu kita akan objektiv menilai upaya serta hasil dari setiap agenda kegiatan Pemda Bangkalan, yang salah akan kami koreksi dan tentu yang benar kami dukung.” ujar Hosen pria asal Kecamatan Trageh tegas.

Begitupula yang diakui oleh Syaiful Anam Ketua Perkumpulan Jurnalis Bangkalan (Pejalan) mengatakan transparansi dan sosialisasi APBD hingga APBDes pada masyarakat sangat penting untuk terus dilakukan mengingat setiap pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah perlu keterlibatan masyarakat secara aktiv jika ingin kian mudah dan maksimal dalam pelaksanaan setiap agendanya.

“Saya pikir perlu ditingkatkan oleh jajaran Pemda dan Pemdes keterlibatan masyarakat pada pemahaman essensi adanya APBD dan APBDes baik dari perencanaan, perealisasian hingga pelaporannya, karena selama ini kami melihat hal itu belum maksimal dilakukan oleh Pemda maupun Pemdes sehingga kita tidak melihat dengan terserapnya anggara yang nominalnya tidak sedikit pertahun itu pada adanya peningkatan pembangunan yang signifikan dari tingkat kabupaten hingga desa, malah sering melahirkan keluhan bahkan kritikan terutama dibidang pemeliharaan infrastruktur.” katanya mengungkapkan.

Dari kedua tokoh muda kabupaten setempat tersebut melihat masih ada banyak hal yang perlu diisi oleh setiap simpul masyarakat dalam memajukan Kabupaten Bangkalan, sebab menurutnya mamajukan daerah maupun desa merupakan tanggungjawab bersama.

Melihat hal tersebut maka menurut keduanya penting setiap simpul masyarakat untuk mengambil bagian meringankan dengan cara mendukung setiap perealisasian program yang telah dicanangkan oleh pemda maupun pemdes setempat.


Editor : Anam

Artikel ini telah dibaca 220 kali

Baca Lainnya