Hallo Polisi Hukrim

Selasa, 30 Maret 2021 - 12:57 WIB

3 tahun yang lalu

logo

Polda Jatim Bentuk Tim Khusus Usut Tindak Premanisme Terhadap Jurnalis Tempo Nurhadi

Surabaya | klikku.net – Polda Jawa Timur bergerak cepat dalam menuntaskan perkara penganiayaan terhadap koresponden Majalah Tempo Nurhadi, yang terjadi Sabtu (27/3/2021) malam.

Saat menerima sejumlah perwakilan media di Surabaya, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta menyatakan keprihatinannya. “Saya prihatin atas peristiwa yang menimpa saudara Nurhadi,” ujarnya, Selasa (30/3/2021) sore.

Menurut Jendral bintang dua ini, Polda Jatim sudah membentuk tim khusus (timsus) guna mempercepat penuntasan kasus ini. Selain itu, Kapolda juga berjanji akan selalu terbuka dan transparan, terkait dengan hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh penyidik.

Hingga saat ini, Polda Jatim sudah melakukan pemeriksaan kepada sejumlah orang, yang diduga sebagai pelaku penganiayaan terhadap Nurhadi.

“Dari pemeriksaan, sudah ada dua orang. Kemungkinan pelakunya lebih dari dua, seperti yang disampaikan Nurhadi,” tambahnya.

Guna menghindari agar kasus serupa tidak terulang, Nico menghimbau kepada seluruh jajaran Polri di wilayah Jawa Timur, untuk berkolaborasi dan menjalin komunikasi dengan media. “Agar tidak terulang, dan sama-sama menjaga keamanan di Jatim,” pungkasnya.

Kasus ini bermula saat Nurhadi melakukan kegiatan peliputan di Graha Samudra Bumimoro, Surabaya, Sabtu (27/3/2021) malam.

Saat itu, Nurhadi tengah meminta konfirmasi kepada mantan Direktur Pemeriksaan Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Angin Prayitno Aji, yang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus suap pajak oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Meski sudah menjelaskan statusnya sebagai wartawan Tempo yang sedang menjalankan tugas jurnalistik, Nurhadi justru mendapatkan aksi kekerasan dari sejumlah oknum aparat. (Ahmad) 


Editor: Joe Meito

Artikel ini telah dibaca 335 kali

Baca Lainnya