Daerah Pendidikan

Selasa, 30 Maret 2021 - 10:56 WIB

3 tahun yang lalu

logo

Siswa MA YKUI Maskumambang Dukun Gresik Raih Medali Perunggu Internasional Eduversil Mathematics Competition (I-EMC 2021)

Gresik | klikku.net – Muhammad Nur Majid, pelajar MA YKUI Maskumambang, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik, meraih Medali Perunggu dalam ajang Internasional Eduversil Mathematics Competition (I-EMC 2021) yang digelar secara daring dan diikuti ratusan pelajar dari 31 negara di dunia.

Nur Majid menuturkan, ia bersyukur bisa meraih medali perunggu. Sebab, meski baru pertama kali mengikuti even internasional, sejak awal ia sudah mempersiapkan diri.

“Awalnya tak menyangka, karena baru pertama kali ikut lomba tingkat internasional. Tentu bangga dan bahagiac bisa mengharumkan nama sekolah,” ujarya, Selasa (30/3/2021).

Anak kedua dari tiga bersaudara ini memang menyukai dunia berhitung. Sejak dibangku Madrasah Tsanawiyah, ia sudah mengikuti dan bahkan menjuarai beberapa kompetisi di tingkat nasional.

Menurutnya, mengikuti ajang Internasional memang berbeda dan lebih sulit. Bahkan, ia harus menguasai materi tentang geometri, aljabar, teori bilangan, dan kombinatorika. Untuk itu, setiap hari ia menghabiskan 2 – 4 jam belajar matematika.

“Paling sukit kombinatorika. Namun dengan dorongan para guru dan civitas di sekolah, saya bersemangat dan bisa memguasai soal-soal yang diberikan,” ungkapnya.

Karena kompetensi digelar secara daring, para peserta langsung dipantau kamera, yang terhubung langsung dengan panitia penyelenggara di Jakarta.

Kepala MA YKUI Masukumambang Dukun Afifuddin, mengapresiasi siswanya yang mengharumkan nama sekolah di tingkat Internasional.

“Untuk siswa berprestasi, kami berikan reward khusus, yakni membebaskan SPP. Selain sebagai bentuk apresiasi, juga untuk memacu siswa lain agar ikut berprestasi,” ujarnya.

Afifuddin menuturkan, untuk mencetak siswa berprestasi di bidang akademis, pihak sekolah memberikan materi lebih dan mengadakan kelas khusus berbagai mata pelajaran, seperti Matematika, Fisika, Kimia, Biologi dan Bahasa Inggris.

Ke depannya, ia berharap MA YKUI Maskumambang Dukun bisa lebih maju dan semakin banyak mencetak pelajar berprestasi. (Sukarji)


Editor: Joe Meito

Artikel ini telah dibaca 407 kali

Baca Lainnya