Nasional

Kamis, 15 April 2021 - 14:26 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Pasar Ramadan Desa Wotan yang digagas Pegiat Medsos Kabar Panceng 

Gresik,klikku.net – Pegiat medos di Kabupaten Gresik Jawa Timur terus melakukan gerakan sosial. Kali ini, Kabar Panceng menggagas pasar Ramadan yang buka menjelang waktu berbuka puasa. Selain itu, mereka juga membuat gerakan ‘Takjil Delivery’.

Ketua Kabar Panceng, Didik Sohibul Millah mengatakan gagasan membuat pasar ramadan ini untuk membangkitkan ekonomi masyarakat sekitar. Pasar sore hingga malam ini dilaksanakan di Desa Wotan, kamis (15/4/2021).

Didik yang aktif di jejaring medsos ini berkata, dalam praktiknya pengunjung dan penjual diwajibkan mematuhi protokol kesehatan ketat yakni 5M.

“Kami mulai awal Ramadan kemarin, Alhamdulillah ini merupakan upaya membantu masyarakat bangkit kembali dalam perekonomian dan kita kemas menjadi program masyarakat tangguh,” ucapnya

Selain pasar Ramadan, Didik bersama lembaganya juga menggagas Takjil Delivery, yakni mengantarkan makanan minuman atau sembako kepada masyarakat kurang mampu, fakir miskin, anak yatim dan piatu.

Setiap hari, dirinya membeli makanan yang dijual di pasar sore ramadan. Setelah memborong kuliner lalu membagikan ke masyarakat kurang mampu. Untuk mengindari kerumunan maka diantar sampai rumah penerima manfaat.

“Kami siapkan bagi masyarakat dan gratis, setiap hari kami membeli dagangan secara bergilir dan akan kita bagikan ke setiap rumah warga sampai semua yang membutuhkan,” tambahnya.

Sebelumnya, Kabar Panceng juga membuat gerakan membeli beras ke petani lokal. Pembelian padi itu kemudian dikemas berisi 5 Kilogram lantas diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Hasil dari pengolahan padi setelah kita proses dan kita kemas lalu kita bagikan ke warga kurang mampu,” ucap Ketua Kabar Panceng yang menggagas pasar Ramadan serta program Takjil Delivery.


Reporter : Sukarji

Editor : Setya

Artikel ini telah dibaca 137 kali

Baca Lainnya