Daerah Kasuistika Pemerintahan Pendidikan

Selasa, 11 Mei 2021 - 08:38 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Sebelah kiri, berkacamatan baju putih Mohni dan Abd Latif Amin Bupati dan Wabub Bangkalan makan sahur di Pendopo Agung Bupati Selasa dini hari. (Foto : klikku.net / Anam)

Sebelah kiri, berkacamatan baju putih Mohni dan Abd Latif Amin Bupati dan Wabub Bangkalan makan sahur di Pendopo Agung Bupati Selasa dini hari. (Foto : klikku.net / Anam)

Wabub Bangkalan Minta Lembaga Sekolah Transparan Gunakan Dana BOS

Bangkalan | klikku.net — Minimnya pelaksanaan publikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekola (RKAS) pada lembaga pendidikan di Kabupaten Bangkalan, Provinsi Jawa Timur menuai sorotan, seperti halnya di SMPN 3 dan SMPN 5 kabupaten setempat selama beberapa hari yang lalu.

Bukan tanpa alasan Dinas Pendidikan setempat mengeluarkan Surat Edaran pada jenjang lembaga sekola hingga SMP untuk mempublikasikan penggunaan anggaran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tersebut namun edaran tersebut masih belum disambut baik oleh para pihak lembaga sekolah.

Mohni Wakil Bupati memberikan keterangan pada awak media disela agenda insan pers makan sahur dengan Bupati Bangkalan. (Foto : klikku.net / ist)

Menanggapi hal tersebut Drs. Mohni M.M mantan Kepala Dinas Pendidikan yang saat ini menjabat Wakil Bupati Bangkalan secara tegas menghimbau agar pihak lembaga sekolah melaksanakan keterbukaan information publik diantaranya dengan mempublikasikan RKAS penggunaan dana BOS tersebut.

Sebab menurut Mohni publikasi RKAS ditempat strategis itu bertujuan untuk mempermudah masyarakat mengetahui penggunaan uang negara tersebut, serta meminimalisir anggapan negativ pada para pejabat berwenang seperti halnya pada kepala sekolah selaku pemangku kebijakan.

“Kepala sekolah itu harus transparansi kalau menurut saya, karena nantinya juga ada keterbukaan dengan para walimurid ya khususnya dan masyarakat secara umum,” kata Mohni saat ditemui di Pendopo Agung Bupati pada agenda sahur dengan para awak media, Selasa (11/05) dini hari (00:30 WIB).


Editor : Anam

Artikel ini telah dibaca 228 kali

Baca Lainnya