Kesehatan Nasional

Senin, 17 Mei 2021 - 04:01 WIB

3 tahun yang lalu

logo

Pemerintah Stop Sementara Penggunaan Ratusan Ribu Dosis AstraZeneca Batch CTMAV547

Jakarta | klikku.net – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyetop sementara distribusi dan penggunaan Vaksin Covid-19 AstraZeneca Batch CTMAV547, untuk program vaksinasi nasional.

Menurut Juru Bicara Kemenkes urusan Vaksinasi Siti NadiaTarmizi, sebanyak 448.480 dosis vaksin AstraZeneca Batch CTMAV547 yang saat ini belum bisa dipakai.

Kebijakan ini, merupakan tindak lanjut adanya laporan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) serius pada orang sesudah mendapat suntikan vaksin tersebut.

“Ini bentuk kehati-hatian pemerintah, untuk memastikan keamanan vaksin yang digunakan dalam program vaksinasi. Kemenkes mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak termakan hoaks,” ujarnya di Jakarta, Minggu (16/5/2021).

Ia menyatakan, Komnas KIPI sudah merekomendasikan BPOM untuk melakukan uji sterilitas dan toksisitas, terhadap kelompok orang yang mengalami gejala serius. sementara Kemenkes akan menunggu hasil pengujian BPOM yang prosesnya diperkirakan satu sampai dua pekan ke depan.

Lebih lanjut, Nadia juga menegaskan bahwa penghentian distribusi dan penggunaan Vaksin AstraZeneca, hanya untuk kode produksi tersebut.

“Dari sebanyak 3,85 juta dosis Vaksin Covid-19 produksi AstraZeneca yang tercatat di Indonesia. Hanya sebanyak 448.480 dosis vaksin AstraZeneca Batch CTMAV547 yang dihentikan penggunaannya,” tegasnya.

“Jadi masyarakat tidak usah ragu menerima Vaksin AstraZeneca di luar Batch CTMAV547,” pungkasnya. (@hmad) 


Editor: Joe Meito

Artikel ini telah dibaca 791 kali

Baca Lainnya