Hukrim

Senin, 24 Mei 2021 - 23:57 WIB

3 minggu yang lalu

logo

Polres Mojokerto Bongkar Penipuan Arisan Lebaran Senilai Rp 1 Miliar

Mojokerto | klikku.net – Sat Reskrim Polres Mojokerto mengamankan Tarmiati alias Mia (42) di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Perempuan asal Mojokerto itu, sebelumnya diduga kabur membawa uang arisan lebaran senilai total Rp 1 Miliar, hasil dari menipu ratusan emak-emak.

Menurut Kapolres AKBP Dony Alexander, terungkapnya kasus tersebut berawal dari laporan 4 warga yang menjadi korban penipuan dengan modus arisan lebaran, pada tanggal 15 April 2021. Para korban diming-imingi sejumlah hal menguntungkan jika ikut arisan itu.

“Sadar dilaporkan atas dugaan penipuan, tersangka bersama suami dan kedua anaknya melarikan diri, dengan membawa sejumlah aset,” ujar Dony, Senin (24/5/2021).

“Modus penipuan yang dilakukan tersangka, yaitu menawarkan arisan paket lebaran 2020 dan 2021 pada para korbannya. Selain uang arisan akan dikembalikan secara utuh, para peserta arisan juga dijanjikan dapat bonus 5% dan parsel lebaran, jelang hari raya Idul Fitri,” tambahnya.

Hingga saat ini polisi mencatat ada sekitar 400 orang yang menjadi korban penipuan arisan paket lebaran ini, dengan total kerugian sekitar Rp 1 Milyar.

Dalam kasus ini, polisi mengamankan sejumlah barang bukti, seperti Mobil Toyota Avanza dan Mobil Mitsubishi Colt, Tabungan BCA dan Tabungan BNI, serta Buku Catatan Arisan.

“Tersangka akan kami jerat dengan Pasal 372 dan Pasal 378 KUHP, dengan ancaman hukuman pidana maksimal 4 tahun penjara,” pungkasnya. (@hmad) 


Editor: Joe Meito

Artikel ini telah dibaca 52 kali

Baca Lainnya