Daerah Pemerintahan

Sabtu, 29 Mei 2021 - 13:57 WIB

4 minggu yang lalu

logo

Kades Wotansari Gresik Lakukan Kontrol Kualitas Pembangunan Desa Secara Langsung

Gresik | klikku.net – Proyek pembangunan berkonsep pemberdayaan warga masyarakat, merupakan salah satu bentuk meningkatkan ekonomi masyarakat pedesaan. Selain itu, dari sisi pengawasan, warga masyarakat bisa terlibat langsung. Baik dilihat dari anggaran, serta kualitas hasil kerja warga itu sendiri.

Rasa memiliki dalam pencapaian pembangunan yang akuntebel, pemerintah desa dan warga masyarakat, secara bersama-sama membangun dengan segala potensi yang dimiliki.

Menurut Kepala Desa Wotansari, Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik, Daryono, kehadiran dirinya di lapangan, untuk melakukan kontrol atau pengawasan sengat penting dilakukan, sebagai kepala desa.

“Konsep pemberdayaan masyarakat mencakup pengertian pembangunan masyarakat (community development) dan pembangunan yang bertumpu pada masyarakat (community-based development),” ujarnya, Sabtu (29/5/2021).

“Jadi masyarakat tidak dijadikan obyek dari berbagai proyek pembangunan. Tetapi dilibatkan sebagai subyek dari upaya pembangunannya itu sendiri. Sehingga tumbuh kualitas bangunan yang kuat, lebih baik, dan proposional, di dalam pembangunan desa,” tambahnya.

Lebih lanjut ia juga menjelaskan, bahwa pembangunan partisipatif mempunyai kaitan yang erat dengan pemberdayaan masyarakat. Dimana pada pembangunan partisipatif, diperlukan upaya dan langkah-langkah untuk mempersiapkan SDM di masyarakat.

Sementara itu, Tim Pelaksana Kerja (TPK) juga menyampaikan, bahwa sering dinasehati kepala desa. Agar pelaksanaan pembangunan apapun, harus berjalan sebaik mungkin.

“Jangan cuma kuantitasnya saja. Namun kualitas juga tetap dijaga. Sehingga bangunan tetap kokoh dan bisa di nikmati hingga beberapa generasi selanjutnya,” ujar salah satu anggota TPK.

Warga masyarakat Desa Wotansari di lokasi menyampaikan, bahwa pembangunan di wilayah desa mereka memang dipikirkan dan dimusyawarahkan bersama sama. Dikerjakan sesuai skala prioritas, mana yang harus dilakukan pembenahan dan mana yang harus dilakukan pembangunan. Karena warga juga butuh desa mandiri yang semakin baik. (Wandi)


Editor: Joe Meito

Artikel ini telah dibaca 185 kali

Baca Lainnya