Daerah

Sabtu, 5 Juni 2021 - 10:07 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Desa Metatu Kecamatan Benjeng Gelar Pilkades PAW  Pertama Se Kabupaten Gresik Gresik

Gresik,klikku.net – Pemilihan Kepala Desa pergantian antar waktu (PAW) di Kabupaten Gresik baru kali ini terjadi, tepatnya dua desa di Kecamatam Benjeng yakni Desa Pundut Trate dan Desa Metatu. Namun yang sudah membentuk Panitia Pilkades PAW dan berjalan baru Desa Metatu. jum,at ( 4/6/2021).

Menurut Ketua BPD Desa Metatu,  alasan diadakan pilkades PAW  di Desa Metatu karena Kepala Desa definitif tersebut meninggal dunia di awal masa jabatannya. Sehingga terjadi kekosongan jabatan kades dengan masa 3 tahunan lebih atau lebih dari setahun.

Berasal dari alasan itu, kemudian lanjutnya, BPD bermusyawarah bersama pemdes dan tokoh masyarakat membentuk panitia pilkades pergantian antar waktu desa Metatu agar tidak terjadi kekosongan jabatan Kades. Sehingga diharapkan jalannya pemerintahan desa bisa berjalan dengan baik,

Pembentukan Penitia Pilkades PAW Desa Metatu, sesuai amanat Perda Kabupaten Gresik No. 12 Tahun 2015 tentang pedoman pencalonan, pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian kepala desa. Dan juga Perbup No. 23 Tahun 2015 tentang peraturan pelaksanaan Perda No. 12 Tahun 2015, beber dia.

Disampaikan juga, apresiasi BPD Desa Metatu atas kinerja Panitia Pilkades PAW dalam melaksanakan tahapan penjaringan sampai penetapan calon Kades antar waktu.

“Terima kasih atas kerja keras panitia Pilkades PAW Desa Metatu sehingga tahapan-tahapan mulai penjaringan sampai penetapan calon kades antar waktu berjalan dengan baik dan kondusif,” ujarnya.

Selanjutnya, dari 5 bakal calon yang mendaftar kemudian melalui perhitungan hasil seleksi tambahan diambil 3 orang untuk mengikuti Pemilihan Kades antar waktu melalui musyawarah desa yang diinisiasi BPD. Dan BPD akan tetap mengawal proses ini sampai selesai, panitia bisa menjalankan tahapan dengan baik dan calon bisa menjaga kondusifitas.

Pada kesempatan ini Ketua BPD Desa Metatu berpesan,” Pilkades antar waktu ini yakin bukan mencari yang terbaik tetapi  atas kehendak Allah SWT, ditentukan melalui musdes nantinya. Seandainya nanti yang terpilih siapa pun bukan masalah, karena semua adalah putra daerah. Apalagi semua sudah berikrar bersama menjaga kondusifitas selama pelaksanaan pilkades antar waktu. Dan baru pertama kali ini, Desa Metatu melaksanakan Pilkades antar waktu.”

Sementara itu, Ketua panitia Pilkades Pergantian Antar Waktu Desa Metatu Hadi Setiawan mengungkapkan Panitia Pilkades pergantian antar waktu sudah melakukan penjaringan sampai penetapan calon pilkades PAW. Dan kami menunggu ketetapan dari Bupati Gresik terkait jadwal pelaksanaan Musdes pemilihan Kades antar waktu. Kami sudah kirim berkasnya ke Pemkab.

Harapannya, pelaksanaan pilkades PAW Desa Metatu berjalan baik dan lancar sesuai kesepakatan bersama.

Ditambahkan Hadi, Panitia Pilkades PAW bersifat kolektif kolegial dan berjumlah 7 orang, jadi apapun keputusannya sebelumnya kita rapatkan bersama. Mulai penjaringan, pengumuman terkait pelaksanaan pilkades PAW sudah kita  tempelkan tempat strategis di tiap RT yang ada. Juga nanti hasil penetapan calon kades antar waktu yang akan mengikuti pemilihan melalui musdes nanti.

“Adapun hasil penetapan calon kades PAW dalam berita acara dari 5 bakal calon yang lolos verifikasi administrasi diantaranya Abdul Fatah, Didik Marjudin, Muhamad Lutfi Hambali Abdilah, Nurul Hadi dan Diana Eviana. Hasil perhitungan seleksi tambahan maka ada 3 orang calon yang lolos untuk mengikuti pemilihan kades antar waktu. Yaitu  Abdul Fatah, M. Lutfi Hambali Abdilah dan Diana Eviana,” tandasnya.

Para calon Kades PAW sempat membaca ikrar menjaga kondusifitas pilkades antar waktu Desa Metatu dan dilanjutkan penandatangan berita acara hasil perhitungan tambahan calon pilkades antar waktu disaksikan Ketua BPD, Pj. Kades Metatu, Ketua Panitia Pilkades antar waktu, Danramil  Benjeng dan Kanit Intel Polsek Benjeng.

Danramil 0817/10 Benjeng Kapten Inf. Abd. Salami juga merasa bahwa dari seluruh hajatan pilkades di kabupaten Gresik, baru kali ini terjadi di Desa Metatu baru ada pilkades antar waktu.

Pada kesempatan ini, Danramil 0817/10 Benjeng juga berharap para pihak terutama panitia Pilkades antar waktu dan calon kades antar waktu bisa menjaga  kemanan dan ketertiban selama hajatan pilkades antar waktu berjalan sampai nanti pemilihan melalui musdes.

“Kepada siapa calonnya  nanti yang terpilih dalam musdes, mohon kiranya bisa merangkul semua elemen masyarakat Desa Metatu untuk membangun desa menjadi lebih baik. Dan yang belum beruntung tidak usah pesimis dan berkecil hati. Namun saling sinergi  bersam-sama mendukung,” pungkas Kapten Inf. Abd. Salami.

Terkait hajatan pilkades PAW Desa Metatu yang sedang berjalan ini, Kapolsek Benjeng AKP Lukman yang diwakili Kanit Intel Nirwanto menyampaikan pesan agar kerja keras panitia dalam  pilkades PAW kali ini telah melaksanakan  tugas sesuai aturan. Jangan sampai ada penyimpangan atau tahapan-tahapan yang terlampaui sesuaikan dengan aturan-aturan perundang-undangan yang ada.

Kedua, kepada bakal calon yang tidak lolos jangan berkecil hati. Insya Allah setelah ini nanti ada pemilihan kades secara terbuka atau reguler, tetap optimis jangan sampai merasa pesimis. Anda tetap bisa mewujudkannya di masa mendatang menjadi pemimpin Desa Metatu.

Dan ketiga, kepada calon yang lolos tolong  jangan sampai berbangga hati dulu. Tunjukkan kerja anda sekalian ke masyarakat  bisa lebih baik dan menjadikan Desa Metatu menjadi lebih baik lagi.


Reporter : Widji

Editor : Setya

 

Artikel ini telah dibaca 275 kali

Baca Lainnya