Daerah Kasuistika Kesehatan Pemerintahan Peristiwa

Minggu, 13 Juni 2021 - 13:31 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Tengah, Hanafi Kapus Tanah Merah beserta nakes. (Foto : klikku.net / ist)

Tengah, Hanafi Kapus Tanah Merah beserta nakes. (Foto : klikku.net / ist)

Warga Desa Dumajah Positiv Covid-19, Hanafi Himbau Warganya Tidak Perlu Panik dan Terapkan Protokol Kesehatan

Bangkalan | klikku.net – Terpaparnya salah seorang warga Desa Dumajah, Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Bangkalan mulai menjadi perhatian pemerintah melalui Nakes (Tenaga Kesehatan) nya dengan melakukan berbagai upaya agar angka positiv covid-19 bisa ditekan sebarannya.

Hingga kini Minggu, Tanggal (13/06) malam Jumalah positiv covid-19 di Desa Dumajah dikabarkan oleh I.B. Hanafi A.Md Kep. Kepala Puskesmas (Kapus) Tanah Merah menimpa satu orang bernama Marhatib (Meninggal dunia, Red), sedangkan istrinya yang juga meninggal diwaktu tidak berselang lama disebabkan sakit struk dan disusul anaknya yang juga meninggal disebabkan sakit lambung.

“Yang positiv covid-19 1 atas nama pak Marhatib, yang istrinya meninggal karena sakit struk sempat ditangani sama tim nakes, tensinya 260, disarankan dibawa ke puskesmas / R.S cuman keluarga menolak akhirnya meninggal dirumah, yang Ida anaknya meninggal di Modung riwayat sakit gastristis / lambung sempat berobat ke nakes sana kemudian disarankan untuk berobat ke puskesmas tapi tidak mau,” kata Hanafi yang juga menyatakan telah melakukan swab test tadi pagi pada beberapa masyarakat sekitar dan tinggal menunggu hasil.

Untuk Ida anak dari almarhum Marhatib (positiv covid-19, Red) kata Hanafi walau meninggal di Kecamatan Modung atas permintaan keluarga akhirnya di makamkan di Desa Dumajah, Kecamatan Tanah Merah.

Berkaitan dengan terjadinya kasus positiv covid-19 di Desa Dumajah tersebut Hanafi meminta agar masyarakat menerapkan pola hidup sehat dan melaksanakan Protokol Kesehatan (Prokes) yakni 5 M, menjaga jarak, mencuci tangan dengan air mengalir, menghindari kerumunan, memakai masker dan mengurangi mobilitas (Tidak bepergian dirumah saja, Red) jika tidak ada keperluan yang mendesak.

Masi berkaitan dengan penanganan sebaran kasus positiv covid-19 di Desa Dumajah tersebut Hanafi juga mengatakan pihaknya telah melakukan penyemprotan disinfektan disekitar lokasi dan Senin (14/06) besok akan dilakukan penyemprotan yang ke dua, selain itu pihaknya akan melakukan sosialisasi agar masyarakat tidak mengucilkan korban covid-19.

“Untuk tetangga jangan panik dan jangan dikucilkan, jangan percaya berita hoax, mari hindari sebaran covid-19 dengan prokes 5 M,” kata Hanafi memberi himbauan.


Editor : Anam

Artikel ini telah dibaca 638 kali

Baca Lainnya