Kasuistika

Jumat, 18 Juni 2021 - 05:46 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Lahan Indomaret Jadi Ajang Bisnis, Konsumen Kesulitan Parkir

Surabaya,Klikku.net- Sejumlah pelanggan setia Indomaret yang berlokasi di depan Rumah Sakit Soewandhi jalan Tambak Rejo, Simokerto Surabaya mengeluh atas pelayanan dan kenyamanan lahan parkir yang disediakan pihak Indomaret.

Pasalnya setiap konsumen yang ingin berbelanja di Indomaret tersebut terhalang oleh ratusan parkir kendaraan roda dua yang berjajar milik keluarga pasien rumah sakit Soewandhi Surabaya.

Sebut saja Udin 49th, warga kota Surabaya saat dalam perjalanan sepanjang jalan Tambak Rejo, berniat berbelanja susu untuk kebutuhan anaknya di rumah. Namun saat ingin memarkirkan mobilnya di area halaman Indomaret oleh petugas parkir dilarang dan diarahkan ke tempat lain sepanjang jalan di luar kawasan Indomaret.

“Saya bingung dengan pelayanan pihak Indomaret, lahan yang seharusnya di depan kawasan Indomaret khusus pelanggan atau konsumen, sekarang malah dibuat penuh parkir kendaraan roda dua bagi keluarga pasien Rumah Sakit Soewandhi,” keluh Udin kepada media ini, pada (16/06/21).

Udin juga menuturkan, jika saat hendak berbelanja dan memarkirkan mobilnya. Dirinya panik saat mengemudi mobilnya untuk mencari tempat parkir, sedang di belakang kendaraan yang ditumpanginya sedang menunggu dirinya untuk melanjutkan perjalanannya yang dirasa menimbulkan kemacetan sepanjang jalan.

“Inilah yang mengakibatkan macetnya jalan, petugas parkir saat itu mengarahkan ke tempat lain dari luar kawasan Indomaret, sehingga saya berinisiatif untuk mencari tempat parkir sendiri di sepanjang jalan tersebut,” ujarnya.

Lebih lanjut Udin, berbeda sekali dengan pelayanan Indomaret yang lainnya, padahal halamannya cukup untuk memarkirkan kendaraan para konsumen secara bergantian.

“Meski lahan ukurannya parkir kecil, harusnya lahan tesebut digunakan khusus untuk para konsumen Indomaret, bukanya diperuntukan untuk keluarga pasien rumah sakit. Yang benar itu khusus pengunjung Indomaret. Aneh, padahal pihak rumah sakit sudah menyediakan lahan parkir sendiri,” ungkap Udin.

Berbeda lagi dengan keluhan pengguna jalan, dirinya mengeluhkan sepanjang jalan Tambak Rejo. Setiap pagi saat berangkat bekerja sepanjang jalan yang dipastikan macet hingga sepanjang jalan rumah sakit hingga ke Pasar Kerampung menuju perampatan lampu merah.

“Adanya parkir kendaraan roda dua tepat di depan rumah sakit Soewandhi dan para pedagang asongan sepanjang jalan setiap pagi membuat arus jalan lambat,” ucap Hendry (16/06/21).

Meski petugas sering kali menertibkan sepanjang jalan tersebut dari parkir liar hingga para pedagang asongan di luar sekitaran pasar, hal itu tidak membuat rasa takut dan jera tetap saja tumbuh subur hingga membuat kemacetan sepanjang jalan.

Salah satu petugas parkir yang menggunakan rompi berwarna oranye berkomentar kepada media ini. Jika hasil parkir tersebut disetorkan ke Abah berinisial MRS dan bayar sewa lahan atau bayar setoran kepada pihak Indomaret.

“Bayar ke Indomaret dan ke Abah mas, ungkap petugas parkir itu yang enggan menyebut namanya sambil memberikan karcis parkir resmi dari dinas perhubungan kota Surabaya,” akunya petugas parkir (17/06/21).

Sementara itu, pihak Indomaret bagian divisi marketing seluruh Surabaya saat dikonfirmasi terkait lahan Indomaret yang disewa untuk parkir umum menjelaskan jika parkir di seluruh Indomaret bebas parkir.

“Semua lahan parkir di Indomaret bebas, kalaupun ada tukang parkir di Indomaret itu parkir liar mas,” ungkap Afif yang enggan dikonfirmasi lewat telepon namun hanya merespon melalui WhatsApp di selulernya (17/06/21).

Namun sayang saat ditanya terkait pernyataan keluhan para pelanggan setia Indomaret, pihaknya langsung memblokir nomor whatsapp media ini.


Reporter : Setya‍

Artikel ini telah dibaca 104 kali

Baca Lainnya