Hukrim

Jumat, 18 Juni 2021 - 21:59 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Polisi Ringkus Pemilik Restoran Online Abal-Abal yang Sedang Viral

Surabaya | klikku.net – Unit Resmob Sat Reskrim Polrestabes Surabaya mengamankanl ES (35), wanita asal Jalan Babatan Pratama Wiyung, Surabaya, atas dugaan tindak pidana penipuan.

Menurut Kanit Resmob Iptu Arief Rizky, ES ini memiliki gerai makanan yang hanya bisa dipesan secara online. Namun siapa sangka, jika semua makanan yang dipesan konsumen, tidak sesuai dengan gambar yang tertera pada gerai order online miliknya.

“Jadi awalnya ada video viral di media sosial pada Rabu (9/6/2021), yang menceritakan seorang konsumen tidak puas dengan makanan yang dipesan dari gerai makanan milik tersangka. Setelah kami selidiki, akhirnya tersangka kami amankan pada Sabtu (12/6/2021),” ujarnya, Jumat (18/6/2021)

Modus yang dilakukan pelaku adalah dengan mendompleng nama restoran terkenal supaya outletnya laku di aplikasi untuk menarik pembeli, mulai Nasi Padang Ampera, Bebek Purnama, Pecel Dharmahusada dan lain-lain.

“Total ada sekitar 30 resto dan ratusan menu abal-abal yang dibuat ES. Seluruhnya dikelola ES bersama satu pegawai pada setiap toko di sekitar Surabaya dan Sidoarjo. Pelaku punya 9 (sembilan) resto abal-abal yang beroperasi sejak September 2019, dan semuanya sudah kami tutup,” tambahnya.

Dalam kasus ini, polisi mengamankan sejumlah barang bukti seperti lembar nota, flashdisk berisi rekaman video, foto makanan, foto lokasi, tangkapan layar bukti order pembayaran melalui OV0, 1 lembar banner tulisan Warung Makan Nasi Padang Sari Bundo, 4 bendel catatan kroscek stokan dan omset, 2 buah buku kasbon dan catatan belanja, 22 ponsel.

Atas perbuatannya, tersangka ES dijerat Pasal 62 Jo. Pasal 8 ayat (1) huruf F Undang Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan denda Rp2 Miliar. (@hmad) 


Editor: Joe Meito

Artikel ini telah dibaca 416 kali

Baca Lainnya