Nasional

Minggu, 18 Juli 2021 - 08:15 WIB

1 minggu yang lalu

logo

Duet Sosialisasi dan Implementasi Perda Ditengah Pandemi

Gresik | Klikku.net –  Fraksi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Nur Hudi Didin Arianto dan Muhammad  Nasir mengusung tiga Perda dalam mensosialisasikan pada warga masyarakat,di hadapan 50 undangan tokoh masyarakat dengan mematuhi prokes pada Sabtu sore (17/7/2021).

Berlokasi di pendopo Gus Nur Desa Jogodalu Kecamatan Benjeng, Nur Hudi Didin Arianto atau yang akrab disapa Gus Nur dalam pembukaan sosialiasai menerangkan fungsi utama DPRD dalam menjalankan tugasnya.

“Fungsi DPRD kabupaten atau Kota itu ada tiga yakni legislasi, anggaran dan pengawasan,” katanya.

Fungsi legislasi seperti membuat atau membentuk peraturan daerah, fungsi anggaran seperti pembahasan terkait APBD bersama Bupati dan fungsi pengawasan seperti mengawasi jalannya pelaksanaan produk hukum daerah (perda), jalannya pemerintahan eksekutif, terang Nur Hudi.

Ada 4 komisi di DPRD Gresik, seperti Komisi 1 tugasnya terkait bidang pemerintahan dan perundang-undangan seperti , komisi 2  bidang perekonomian seperti PDAM, DPMPTSP, komisi 3 bidang pembangunan dan komisi 4 bidang kesejahteraan rakyat seperti tenaga kerja, kesehatan dan sosial.

Kegiatan sosialisasi peraturan perundangan  atau perda merupakan fungsi DPRD selaku pengawasan operasional produk hukum daerah agar dikenal masyarakat, ujar Nur Hudi.

Ditambahkan, Muhammad Nasir  bahwa produk hukum daerah berupa perda yang sudah diperdakan ini agar bisa berjalan sesuai rencana maka wajib untuk disebarluaskan kepada masyarakat. Agar saat operasional perda nantinya, tidak ada masalah dikemudian hari karena sudah paham semua.

“Adapun tiga perda tersebut adalah Perda No. 3 Tahun 2020 tentang penyelenggaraan dan retribusi parkir, Perda No. 4 tahun 2020 tentang penyelenggaraan dan retribusi pengujian  kendaraan bermotor (KIR) dan Perda No. 6 tahun 2020 tentang penyelenggaraan jaringan utilitas,” jelas Nasir.

Disamping mensosialisasikan perda , Nur hudi didin ariyanto dan Muhammad nasir juga membagikan surat edaran nomer 13 tahun 2021 tentang  PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT DARURAT CORONA VIRUS DISEASE 2019.Masyarakat diharapkan benar benar mematuhi edaran PPKM DARURAT sebagai benteng pengaman luar, dan benteng pengaman dalam adalah sistem daya tahan tubuh masyarakat itu sendiri.

Warga masyarakat yang hadir bisa menyampaikan tanggapannya terkait ketiga perda tersebut bisa langsung atau secara online di nomor Wa Grup, setelah terlebih dahulu mempelajarinya, ungkap dia.


Reporter : Wandi

Editor : Setya

Artikel ini telah dibaca 50 kali

Baca Lainnya