Kesehatan Nasional TNI

Jumat, 23 Juli 2021 - 03:09 WIB

4 bulan yang lalu

logo

KSAL Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M (tengah) secara simbolis menyerahkan tabung oksigen pada Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa

KSAL Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M (tengah) secara simbolis menyerahkan tabung oksigen pada Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa

TNI AL Jadikan KRI dr. Soeharso-990 Sebagai Depo Isi Ulang Oksigen Gratis

Surabaya | klikku.net – TNI Angkatan Laut menyiapkan Kapal Bantu Rumah Sakit KRI dr. Soeharso-990 yang berada dibawah operasi Satuan Kapal Bantu Koarmada II, sebagai depo isi ulang oksigen gratis bagi penderita Covid-19 yang membutuhkan.

Hal ini dipastikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M, saat meninjau proses pengisian ulang berbagai ukuran tabung oksigen, Kamis (22/7/2021).

Sekaligus penyerahan secara simbolis tabung oksigen kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Sebagai tanda, bahwa Koarmada II secara resmi memulai pelayanan pengisian ulang tabung oksigen gratis, untuk membantu masyarakat yang sedang isoman dan rumah sakit yang membutuhkan.

“Generator oksigen yang dimiliki KRI dr. Soeharso-990 ini, bisa memproduksi oksigen untuk 25 tabung oksigen ukuran 6000 liter per 24 jam. Kemudian yang ukuran 1500 liter, itu bisa 65 tabung per 24 jam,” ujar Laksamana Yudo.

Ia juga menambahkan, jika kedepannya TNI AL dalam hal ini Koarmada II, akan membuka counter di Jalajaya sebagai tempat penyediaan tabung oksigen yang telah terisi dari KRI dr. Soeharso-990. Untuk kemudian ditukar dengan tabung oksigen kosong, milik masyarakat yang membutuhkan.

“Kita akan buka counter 24 jam non stop. Sehingga memudahkan masyarakat sewaktu-waktu membutuhkan suplai oksigen secara gratis. Adanya counter ini, juga mengurangi kesulitan masyarakat untuk mencapai akses, jika langsung menuju KRI dr. Soeharso-990. Diharapkan hal ini bisa membantu kelangkaan oksigen yang terjadi di masyarakat saat ini, ” tambahnya.

Lebih lanjut Yudo mengungkapkan, bahwa tidak tertutup kemungkinan, nantinya TNI AL akan mengirim kapal-kapal perang lainnya melalui unsur gelar, untuk membantu suplai oksigen bagi masyarakat maritim yang berada di pulau-pulau. Namun untuk saat ini, TNI AL masih fokus pada masyarakat di Jawa Timur, yang lebih banyak membutuhkan bantuan oksigen.

Laksamana Yudo juga menegaskan, akan mengerahkan semua sarana dan prasarana milik TNI AL, untuk membantu pemerintah pusat dan daerah guna segera menyelesaikan pandemi Covid-19.

”Dukungan yang sudah diwujudkan selama ini, yakni serbuan vaksinasi bagi masyarakat maritim. Kemudian depo isi ulang oksigen. Akan kita kerahkan sarana dan prasarana yang ada di TNI AL, untuk membantu pemerintah pusat dan pemerintah daerah,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, KSAL secara simbolis juga menyerahkan bantuan oksigen kepada Kepala RSPAL dr. Ramelan Laksma TNI Radito. Kemudian kepada Gubernur Jatim Khofifah, yang lantas menyerahkannya kepada tiga orang perwakilan dari rumah sakit di wilayah Surabaya, yakni RSU Haji Surabaya, RS Jiwa Menur, dan RS Husada Utama. (@Nto tse) 


Editor: Joe Meito

Artikel ini telah dibaca 408 kali

Baca Lainnya