Kesehatan TNI

Jumat, 20 Agustus 2021 - 14:17 WIB

4 bulan yang lalu

logo

KSAL Laksamana TNI Yudo Margono (kiri) saat meninjau Rumah Oksigen Gotong Royong

KSAL Laksamana TNI Yudo Margono (kiri) saat meninjau Rumah Oksigen Gotong Royong

TNI AL Dirikan Rumah Oksigen Di Surabaya, Bantu Percepatan Penanggulangan Covid-19

Surabaya | klikku.net – KSAL Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M. meninjau kesiapan operasional Rumah Oksigen yang didirikan TNI Angkatan Laut di kawasan Berbek Industri Rungkut, Surabaya, Jumat (20/8/2021).

Menurut Yudo, Rumah Oksigen Gotong Royong ini, nantinya diharapkan dapat membantu penanganan pasien tanpa gejala dan gejala ringan Covid-19.

“Ini adalah rumah sakit darurat yang sangat bagus. Dilengkapi dengan oksigen yang langsung ditransfer dari PT. Samator. Sehingga ini adalah oksigen murni, yang bagus sekali untuk menolong pasien OTG dan gejala ringan. Nanti kalau di cek ternyata sedang atau berat, maka langsung dievakuasi ke RSPAL dr. Ramelan. Istilahnya ini untuk isolasi mandiri,“ ujarnya.

KSAL berharap, masyarakat akan lebih baik kesehatannya, usai menjalani isoman di rumah sakit ini. Sebab telah dilengkapi beragam fasilitas yang bagus, dan membuat nyaman pasien. Diantaranya kapasitas 76 tempat tidur, yang terbagi untuk 40 pasien laki-laki dan 36 pasien perempuan.

Selain itu, juga dilengkapi dengan ketersediaan oksigen 24 jam, melalui instalasi O2 yang ada di setiap sisi tempat tidur. Terdapat pula ruangan perawat, kamar mandi pasien, kamar istirahat nakes dan dokter, ruang diskusi dan rekreasi, serta musholla.

“Jika ada warga yang OTG atau gejala ringan, sebaiknya dirawat di sini. Karena ada sarana dan prasarana yang lengkap dan bagus, serta bermanfaat. Tapi harapannya, semoga saja tidak ada warga yang ke sini, karena sehat semuanya,” ungkap Yudo.

Untuk penanganan pasien dan pengelolaan Rumah Oksigen Gotong Royong, TNI AL memberikan tanggung jawab sebagai pengampu kepada Rumkital Ewa Pangalila, yang berada di bawah kendali Pangkalan Marinir Surabaya.

Ada empat dokter umum yang selalu siaga, 27 tenaga kesehatan, dan 7 relawan medis yang akan diterjunkan. Mereka berasal dari Rumkital Ewa Pangalila dan Faskes TNI AL di Surabaya.

Selain rumah oksigen, untuk membantu percepatan penanggulangan Covid-19 di Jawa Timur khususnya Surabaya, TNI AL juga mendirikan ICU Covid-19 yang berlokasi di RSPAL dr Ramelan, serta Rumah Sakit Lapangan Darurat Covid-19 di Jl. Opak, Gedung Karang Pucung, Lanmar Surabaya.

Dalam membantu pemerintah menanggulangi Covid-19, TNI AL telah dan akan terus melaksanakan 5 prioritas penanggulangan Covid-19. Yakni melaksanakan serbuan vaksinasi kepada masyarakat maritim. Menyediakan ruang tambahan perawatan, baik di RSAL maupun memanfaatkan gedung yang ada. Membuat dapur lapangan untuk kebutuhan masyarakat yang isoman. Serta dukungan oksigen dan sumbangan darah, dengan melaksanakan donor darah konvalesen dan reguler.

Khusus berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan oksigen, TNI AL telah menggerakan dua Kapal Perang Republik Indonesia (KRI). Yakni KRI dr. Soeharso-990 dari jajaran Koarmada II, dan KRI Semarang-594 dari jajaran Koarmada I. (@hmad) 


Editor: Joe Meito

Artikel ini telah dibaca 49 kali

Baca Lainnya