Kesehatan Nasional Pemerintahan

Selasa, 7 September 2021 - 11:14 WIB

3 bulan yang lalu

logo

Presiden Jokowi Pantau Pelaksanaan Vaksinasi Ratusan Ribu Santri Se-Indonesia

Jombang | klikku.net – Presiden Joko Widodo memantau pelaksanaan langsung Vaksinasi Merdeka bersama rumah ibadah dan pondok pesantren (ponpes) serentak di seluruh Indonesia mulai dari Aceh sampai dengan Papua, saat kunjungan kerja ke Jawa Timur, Selasa (7/9/2021).

Kegiatan yang dipusatkan di Pondok Pesantren K.H. Syamsudin, Ponorogo, Jatim tersebut. Tersambung langsung dengan 341 ponpes dan rumah ibadah di seluruh Indonesia, dengan total sasaran 346.688 orang.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi menyapa langsung secara virtual pelaksanaan vaksinasi merdeka di Ponpes Gontor Jawa Timur, Gereja Katedral Gereja Paroki Katedral St. Maria Palangkaraya Kalimantan Tengah (Kalteng), dan Vihara Giri Ratana Puja, Lombok Utara Nusa Tenggara Barat (NTB).

Vaksinasi Merdeka merupakan strategi yang dilakukan TNI-Polri, terkait dengan akselerasi atau percepatan terciptanya kekebalan komunal.

Selain vaksinasi, dalam kegiatan ini juga disalurkan bantuan sosial dari Presiden Jokowi sejumlah 60.341 paket sembako dan 88 ton beras, kepada warga yang paling terdampak perekonomiannya akibat Pandemi Covid-19.

“Pelaksanaan program vaksinasi di rumah ibadah, bertujuan untuk revitalisasi rumah ibadah sebagai fungsi sosial. Rumah ibadah pada hakekatnya memiliki fungsi membimbing perilaku jamaahnya dalam tatanan kehidupan sosial termasuk dalam pengendalian Covid-19,” ujar presiden.

“Saya juga selalu mengingatkan, tingginya tingkat capaian vaksinasi, merupakan modal dasar dalam hidup berdampingan dengan Covid-19. Yaitu bagaimana perekonomian dapat tumbuh. Namun Covid-19 tidak kembali melonjak,” tambahnya.

Sementara itu, di GOR Hasbullah Said Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, juga diberikan 1500 dosis vaksin Sinovac untuk santri dan pengurus, yang dipantau Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho bersama Forkopimda Jombang.

“Sesuai dengan tujuan nasional, kami bersama Pemkab dan Kodim Jombang melakukan vaksinasi dengan sasaran pondok pesantren dan rumah ibadah,” ujar Agung. (Titin Mujiati) 


Editor: Joe Meito

Artikel ini telah dibaca 77 kali

Baca Lainnya