Nasional Pendidikan

Jumat, 17 September 2021 - 23:01 WIB

3 tahun yang lalu

logo

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno (kanan) meninjau pameran berbagai inovasi ITS

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno (kanan) meninjau pameran berbagai inovasi ITS

ITS Luncurkan 5G Experience Center Pertama di Indonesia

Surabaya | klikku.net – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) meluncurkan ITS 5G Experience Center di Gedung Pusat Robotika ITS Surabaya, Kamis (16/9/2021). Dengan demikian, ITS adalah kampus pertama dan satu-satunya, yang mempunyai 5G Experience Center di Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno yang meresmikan kegiatan tersebut, menyampaikan dukungannya terhadap pengembangan teknologi 5G ini.

“Penciptaan teknologi harus diimbangi dengan pemerataan di seluruh wilayah Indonesia. Semoga inovasi di ITS ini, dapat membuka peluang lapangan kerja baru. Salah satunya di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif,” ujarnya.

Pendirian ITS 5G Experience Center ini, juga mendapat dukungan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Menristekdikti) RI Nadiem Anwar Makarim, yang turut memberikan sambutan virtual melalui video.

“Hadirnya teknologi 5G ini, dapat mendukung proses merdeka belajar. Semoga perkembangan pendidikan di Indonesia dapat semakin maju,” tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang hadir secara langsung, mengapresiasi perkembangan teknologi 5G ini. Dan percaya, bahwa inovasi ini mampu mensejahterahkan masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng berharap, munculnya berbagai inovasi baru bisa dimanfaatkan sepenuhnya untuk kemanusiaan.

“Pembukaan 5G Experience Center baru ini, merupakan capaian luar biasa bagi ITS dan Kota Surabaya. Harapannya, ITS dapat menjadi center of humanity sesuai dengan tagline ITS tahun ini, yakni Advancing Humanity,” ujarnya.

Ashari berharap, area ini bisa menjadi wadah untuk mengembangkan calon pelaku transformasi digital. Serta menjadi pusat inovasi teknologi dan penerapan TIK, di era 5G ke depannya.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat meninjau area ITS 5G Experience Center

“Fasilitas ini akan fokus menyediakan pendidikan, pengembangan, dan kemampuan pengujian di bidang 5G. Dalam rangka, membantu memperkuat talenta digital lokal, mempercepat pengembangan konten dan use case 5G lokal, serta mendorong pembangunan ekonomi dengan memanfaatkan keunggulan teknologi 5G,* ungkapnya.

Pusat inovasi ini dilengkapi dengan wahana untuk pengenalan teknologi 5G (center of knowledge). Tempat pengembangan aplikasi dan use case untuk para mahasiswa dan startup binaan ITS (center of creativity) serta pelengkap proses edukasi, pelatihan dan sertifikasi (center of excellence).

Selain peresmian ITS 5G Experience Center, kolaborasi antara perguruan tinggi dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) ini, turut melahirkan tiga penandatanganan kerja sama. Yakni pengembangan virtual technopark, Memorandum of Action (MoA) joint development Internet of Things (IoT) service, dan Memorandum of Understanding (MoU) pengembangan 5G Experience Center lebih lanjut. (@Nto tse) 


Editor: Joe Meito

Artikel ini telah dibaca 3021 kali

Baca Lainnya