Ekonomi Bisnis Nasional Pemerintahan

Jumat, 1 Oktober 2021 - 07:19 WIB

2 minggu yang lalu

logo

Tinjau Kawasan Industri Halal di Sidoarjo, Wapres Ingin UKM-IKM Jatim Membuat Produk Halal Berstandar Internasional

Sidoarjo | klikku.net – Wakil Presiden Ma’ruf Amin meninjau pembangunan Kawasan Industri Halal (KIH) Safe and Lock di Sidoarjo, Kamis (30/9/2021). Kawasan ini merupakan salah satu upaya pengembangan ekonomi dan keuangan syariah Indonesia.

Dalam kunjungannya, Ma’ruf Amin, mengatakan jika Indonesia memiliki potensi besar dalam mengembangkan industri halal “Kita memiliki potensi besar dibidang SDM dan SDA-nya. Yang selama ini belum kita kembangkan dengan baik. Semoga UKM dan IKM Jatim mampu membuat produk halal berstandar Internasional,” ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, menyatakan, jika KIH Safe and Lock ini merupakan kawasan industri halal pertama di Indonesia, yang beroperasi untuk pelaku UMKM.

“Indonesia dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, sangat berpeluang mengambil kesempatan untuk mengembangkan produk halal. Harapannya, KIH ini mampu menjadi sistem pendukung dalam pengembangan produk maupun industri halal di Indonesia,” ujarnya.

Menurut Khofifah, keberadaan KIH Safe and Lock ini akan mendorong konsumsi produk halal secara global. Hal ini menjadi peluang besar bagi UKM-IKM di Jatim, untuk memproduksi produk halal yang berstandar internasional.

Wapres Ma’ruf Amin bersama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (2 kiri), Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (kanan) dan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki (kiri), saat meninjau KIH Sidoarjo

“Potensi kebutuhan terhadap produk halal di Asia Pasific tahun 2030, diperkirakan akan mencapai 62%. Saat ini produk halal bahkan telah menjadi gaya hidup global,” tambahnya.

KIH Safe and Lock sendiri akan menyediakan 118 unit Standard Factory Building (SFB), dengan berbagai fasilitas seperti kantor manajemen halal dan masjid.

Dari 32 unit SFB yang sudah dibangun, saat ini telah terjual 22 unit. Sementara pada 2022, rencananya akan dibangun lagi 38 unit. “KIH Safe and Lock telah berhasil menarik investasi Amin Bio Group dari Tiongkok. Dalam membangun kemitraan pabrik gelatin halal di Sidoarjo,” pungkas Khofifah.

Dalam kunjungan tersebut, Wapres Ma’ruf Amin dan rombongan, juga menyaksikan prosesi pelepasan ekspor keripik tempe, kerupuk bawang, kerupuk jengkol, dan makanan ringan lainnya produksi UMKM ke Nagoya Jepang oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. (@Nto tse)


Editor: Joe Meito

Artikel ini telah dibaca 216 kali

Baca Lainnya