Ekonomi Bisnis Nasional

Jumat, 8 Oktober 2021 - 23:32 WIB

7 hari yang lalu

logo

Menteri Pertanian Kukuhkan 10 Ribu Petani Milenial KKT-PTI

Surabaya | klikku.net – Sebagai upaya mendukung bangkitnya petani di kalangan milenial Indonesia, Komando Kawasan Terpaut Pemuda Tani Indonesia (KKT-PTI) menggelar workshop, sekaligus mengukuhkan 10 ribu petani muda Indonesia.

Acara yang digelar secara hybrid di Hotel Bumi Surabaya itu, dihadiri Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Jumat (8/10/2021).

Menurut Mentan Syahrul, KKT-PTI merupakan fondasi utama bagi pemerintah untuk mengakselarasi peranan pemuda tani.

“Kita berharap para pemuda tani ini dapat tumbuh sebagai pilar penting pertumbuhan ekonomi nasional,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Nasional KKT-PTI Daenk Jamal menyatakan, 10 ribu petani milenial yang dikukuhkan ini berasal dari 11 Provinsi dan 44 Kabupaten.

” 100 peserta hadir secara fisik di lokasi. Sementara 9900 lainnya secara daring. Kegiatan ini sejalan dengan misi KKT-PTI dalam membangkitkan semangat petani muda,” ungkapnya.

“Dalam kegiatan ini, kami juga meluncurkan situs kktpti.org, aplikasi digital Abangijo, serta program pintar pertanian (Altarian) terintegrasi berbasis teknologi,” tambahnya.

Ia menjelaskan, aplikasi AbangIjo berfungsi untuk memasarkan hasil pertanian yang dijual melalui e-Commerce. Sementara Altarian merupakan alat pendukung pertanian yang berfungsi sebagai alat kontrol serbaguna memakai modem internet terkoneksi dengan android.

“Altarian ini sebagai alat pengontrol multiguna. Dimana dapat memonitor irigasi, suhu dan PH udara, serta kelembaban tanah. Bahkan bisa juga digunakan untuk memonitor CCTV yang terkoneksi dengan internet,” ujarnya.

“Saat ini total Mitra KKT-PTI ada di 34 Provinsi, 145 Kabupaten, dan 427 Kelompok Tani. KKT-PTI sebagai rumah Para Petani, siap sebagai Suaka untuk tani, baik perihal bibit,l dan lahan untuk petani muda. Sehingga, para petani milenial ini mampu bersaing dalam memperbaiki ekonomi mereka. Serta mewujudkan ketahanan pangan di Indonesia,” pungkasnya. (@Nto tse)


Editor: Joe Meito

Artikel ini telah dibaca 112 kali

Baca Lainnya