Daerah Ekonomi Bisnis Nasional

Selasa, 12 Oktober 2021 - 12:07 WIB

4 hari yang lalu

logo

Presiden Jokowi Letakkan Batu Pertama Pembangunan Smelter PT. Freeport di Gresik

Gresik | klikku.net – Presiden RI Joko Widodo melakukan ground breaking atau peletakan batu pertama pembangungan smelter PT Freeport Indonesia, di Kawasan Ekonomi Khusus Java Integrated Industrial and Port Estate (KEK JIIPE), Gresik, Selasa (12/10/2021).

Menurut Presiden Joko Widodo, fasilitas pengolahan logam hasil tambang model single line di Gresik ini, akan menjadi yang terbesar di dunia. Karena memiliki kemampuan mengolah 1,7 juta ton konsentrat tembaga, atau setara 480 ribu ton logam tembaga per tahunnya.

Sebelum meresmikan secara simbolis, Presiden juga mengatakan, bahwa adanya smelter di dalam negeri, akan memberikan nilai tambah buat negara.

“Karena Indonesia tidak perlu lagi mengirim bahan baku pertambangan ke luar negeri untuk proses pengolahannya,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Tohir menjelaskan, smelter ini berdiri di atas lahan seluas 103 hektar. Dengan nilai investasi sebesar USD 3 miliar atau Rp. 42 triliun. Yang pembangungannya ditarget selesai pada 2023.

“Dengsn beroperasinya smelter di Gresik, Freeport memproyeksikan rata-rata produksi mencapai 35 ton emas per tahun dengan nilai transaksi sekitar Rp30 triliun. Selain berfungsi untuk menghasilkan konsentrat tembaga, smelter di Gresik ini juga untuk proses pemurnian emas, perak dan logam berharga lainnya.,” ujarnya.

“Selain itu, kehadiran smelter ini diharapkan bisa menjadi daya tarik bagi industri atau investor lain. Khususnya industri turunan tembaga, untuk ikut berinvestasi di sini. Sehingga mendukung pertumbuhan perekonomian di Indonesia,” pungkasnya.  (Handoko) 


Editor: Joe Meito

Artikel ini telah dibaca 359 kali

Baca Lainnya