Ekonomi Bisnis

Jumat, 1 April 2022 - 08:38 WIB

10 bulan yang lalu

logo

KPPU Kanwil IV Minta Pihak Terkait Jaga Ketersediaan Pasokan dan Stabilitas Harga Pangan

Surabaya | klikku.net – Memasuki Lebaran 2022, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) meminta berbagai pihak, seperti Pemkot/Pemkab, Dinas Pertanian dan Dinas Peternakan, serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan, untuk menjaga ketersediaan bahan pangan.

Sebab, KPPU mencatat ada beberapa komoditas yang bergejolak jelang Ramadan, seperti minyak goreng, garam, cabai, daging ayam, dan telur ayam.

Hal ini disampaikana Kepala KPPU Kanwil IV Dendy R. Sutrisno, dalam acara Forum Jurnalis yang digelar secara hybrid, Jumat (1/4/2022).

Dalam kesempatan itu, Dendy menjelaskan bahwa sebelum Ramadan, KKPU Kanwil IV sudah melalukan sidak terkait minyak goreng. Dan sempat menemukan adanya 9 toko atau swalayan, yang menjual bersyarat di Surabaya. Meski saat ini, mereka sudah melakukan perubahan.

“Kami sangat berharap tidak ada lagi praktik penjualan bersyarat di Surabaya dan kota lainnya. Masing-masing pihak, harus memperhatikan dan melakukan sinergi. Agar stok bahan pangan tersedia dan ada kestabilan harga,” ujarnya.

Dendy menambahkan, upaya pemerintah menghadirkan lumbung pangan. Tentu sangat membantu masyarakat mendapatkan kebutuhan bahan pangan dengan harga terjangkau.

“Sebaiknya program tersebut selalu ada. Tidak hanya saat stok melimpah. Tetapi saat masyarakat membutuhkan,” tambahnya.

Berdasarkan data Disperindang per 28 Maret 2022, stok bahan pangan cukup stabil. Perkiraan produksi masih cukup untuk 1 hingga 2 bulan kedepan. Kecuali cabai mengalami penurunan 3 persen. Hingga harga cabai terus mengalami kenaikan.

“Karena itu kami berharap masyarakat untuk tidak panik. Kita bersama-sama, akan bersinergi menjaga ketersediaan pasokan bahan pangan. Khususnya saat Ramadan ini,” pungkasnya. @Nto tze


 

Artikel ini telah dibaca 494 kali

Baca Lainnya