Daerah Pemerintahan

Senin, 20 Juni 2022 - 12:58 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Pendaftaran Bacalon Kades Desa Gunungan. Kecamatan Dawarblandong, Sudah Dibuka

Mojokerto | klikku net – Pilkades serentak akan di gelar pemerintah kabupaten mojokerto di bulan September 2022.dengan proses tahapan tentang kepanitiaan pemilihan kepala desa diatur dalam keputusan Bupati Nomer 188.45/72/HK/416-012/2022.

Setelah proses ke panitiaan terlaksana, panitia pelaksana pilkades serentak di desa bisa membuka pendaftaran BALON KADES dan tahapannya, melalui Tatip (Tata Tertip) hingga di tentukannya Kades terpilih.

Salah satu Desa di wilayah kecamatan Dawarblandong khususnya ada desa yang ketepatan mengikuti pilkades serentak. Yaitu Desa Gunungan.

Di wilayah desa gunungan tersebut sempat viral adanya salah satu Bacalon dari PNS yang mengajukan Rekomendasi kepada bupati mojokerto ( ikfina fahmawati) melalui Badan kepegawaian Di tolak. dengan alasan Kabupaten mojokerto masih banyak membutuhkan PNS. Mengingat pentingnya penyusunan program, penyusunan badanĀ  Dan pembinaan Terhadap penyelenggaraan bantuan sosial kepada masyarakat, pemerintah pusat, propinsi, kabupaten.

Pasalnya alasan yang disampaikan bupati Ikfina Fahmawati dalam surat tertulis tersebut mendapatkan respon negatif dari warga masyarakat gunungan adanya permainan politik kepentingan. Karena PNS yang dimaksud Bupati atau Badan kepegawaian merupakan PNS kecamatan yang memiliki hak asasi yang sama.

Warga memahami bahwa Bupati / Badan kepegawaian melanggar HAM , ” Wong podo podo, wong Indonesia e. Bukan wong PNS pendidikan kok, gak di rekom. Opo maneh sing ngajukan rekom iku yo Kate pensiun, salahe opo kok gak di rekom? ”

sama sama orang Indonesia, yang memiliki hak yang sama untuk turut serta mengikuti menjadi Balon kades, tidak di rekom. Apalagi yang minta rekom itu akan pensiun dari PNS, salahnya dimana, tidak direkomendasikan?

Senin (20/6/2022) awak media klikku net menelusuri dan mengkonfirmasi ke kecamatan Dawarblandong, namun tidak bertemu dengan Plt Camat. Pegawai kecamatan menginformasikan ” Plt Camat sedang ke Kabupaten Mojokerto”

Selanjutnya awak media menuju ke kantor Desa Gunungan, di kantor desa awak media bertemu kepala desa Ismiatiningsih, ketua panitia dan anggota panitia, babinkantibmas polsek, koramil.

Dua issue politik Desa awak media pertanyakan kepada kepala desa definitif Ismiatiningsih.

Pertama soal Rekomendasi salah satu bacalon. Kedua soal kasus jual beli tanah negara oleh salah satu bacalon yang pernah menjabat kepala desa sebelumnya.

Kepala desa definitif Ismiatiningsih menuturkan ” Bahwa terkait rekomendasi PNS menjadi bakal calon itu adalah kewenangan Bupati atau pemerintah kabupaten , panitia di desa hanya menjalankan tupoksinya menerima pendaftaran BALON KADES.kemudian ada tahapan verifikasi dan seleksi, jika Balon kades lebih dari 5 calon.maka proses tahapan seleksi , masih berjalan mengikuti tatip.

Kedua soal issue TANAH NEGARA yang di jual belikan oleh kepala desa sebelum saya Ismiatiningsih, secara tegas saya sampaikan tidak tahu menahu, itu di zaman sebelum saya dan atas nama ibu arum pemilik tanah yang menempati Tanah Negara (TN) sudah meninggal, jadi soal tanah negara/Egendom/TN yang di adukan oleh warga lainnya tersebut biar mengalir sesuai aturan hukumnya.

Ketua Panitia Wiyarno melalui anggotanya menambahkan ” Bahwa sistem Demokrasi kita buka seluas luasnya bagi masyarakat yang mendaftar Balon kades, prosedur tahapan proses, tetap kamiĀ  jalankan sesuai aturan.

Kami siap terima masukan dan informasi serta aspirasi warga masyarakat, agar menghasilkan kepala desa yang terbaik dari yang baik. Tercipta kondusifitas, berkeadilan, kerukunan serta bergotongroyong. Dengan Pilkades tidak menjadi pemecah kerukunan warga. Pungkasnya. Wandi/Widji


 

Artikel ini telah dibaca 266 kali

Baca Lainnya