Pendidikan

Sabtu, 25 Juni 2022 - 09:00 WIB

2 bulan yang lalu

logo

ITS Kenalkan Dunia Robotika pada Siswa Sekolah

Surabaya | klikku.net – Sebagai tuan rumah kegiatan Kontes Robot Indonesia (KRI) 2022, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ingin mengenalkan dunia robotika pada masyarakat luas.

Salah satunya melalui kegiatan Visitasi Robot, untuk mengenalkan dunia robotika pada siswa sekolah mulai jenjang SD, SMP, dan SMA, di Gedung Pusat Robotika ITS, Sabtu (25/6) & Minggu (26/6).

Menurut Direktur Kemahasiswaan ITS Dr Imam Abadi ST MT, salah satu tujuan kegiatan ini bertujuan adalah  mengenalkan ITS kepada siswa-siswi sejak dini.

“Selain itu, untuk memeriahkan kegiatan KRI 2022, dan memanfaatkan adanya jeda waktu dalam pelaksanaannya. Visitasi robot ini untuk menumbuhkan semangat dan ide di kalangan siswa SD, SMP, dan SMA,” ungkap dosen Teknik Fisika ITS itu, Sabtu (25/6/2022).

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa teknologi robot di masa depan pasti akan memegang peranan yang penting. Hal itu pastinya tidak akan lepas dari perkembangan Artificial Intelligence (AI) di berbagai bidang. Seperti bidang transportasi, medis, dan pembangunan infrastruktur.

“ITS sudah mengembangkan i-Car dan i-Boat untuk mendukung kemajuan teknologi dibidang tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Visitasi Robot Fiqey Indriati Eka Sari menjelaskan, bahwa kegiatan ini dimulai dengan pengenalan & pemaparan semua robot yang pernah dibuat Tim Robotika ITS.

“Banyak robot yang dimiliki ITS. Tetapi yang dapat hadir dan ditampilkan saat ini, ada enam jenis robot,” ujar mahasiswa Departemen Teknik Informatika ITS tahun 2019 itu.

Diantaranya adalah robot pemadam kebakaran dari Tim Abinara, robot dalam air dari Tim Banyubramanta, dan robot sepak bola humanoid dari Tim Ichiro. Selain itu ada juga robot tari dari Tim V-Rose, robot terbang dari Tim Bayucaraka, dan robot sepak bola beroda dari Tim IRIS.

Fiqey menuturkan, hari pertama kegiatan visitasi digelar khusus untuk siswa-siswi tingkat SD. Sedang hari kedua ditujukan untuk siswa-siswi tingkat SMP dan SMA.

“Meskipun dilaksanakan dua hari. Tetapi tidak ada perbedaan bentuk kegiatan antar keduanya,” tambahnya.

Ia berharap, para siswa dapat termotivasi dan mengembangkan kreativitasnya terutama di bidang robotika.

“Semoga ke depannya kami bisa menyelenggarakan kegiatan serupa yang bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya. @Nto tze


 

Artikel ini telah dibaca 659 kali

Baca Lainnya