Daerah Pendidikan

Minggu, 26 Juni 2022 - 16:24 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Haflah Akhirusanah dan Pelepasan siswa SDN Primpen Lamongan

Lamongan | klilkku.net – Proses belajar mengajar SDN pripem. Desa primpen. Kec. Bluluk telah mencapai babak akhir bagi siswa kelas 6,dan kemudian bisa melanjutkan ke jenjang Sekolah menengah pertama. Kegiatan akhirusanah dan pelepasan di depan kantor sekolah tersebut dengan sederhana namun begitu hikmad.

Acara akhirusanah tersebut di hadiri Kepala Sekolah, Dewan Guru, Kepala Desa pripem, mahasiswa/siswi KKN MARDEKA ,ketua Komite dan anggota.

Acara tersebut dimulai pada pukul 08:00 wib. Dengan 9 siswa siswi yang telah mencapai babak akhir ( pelepasan) dalam proses belajar di SDN tersebut.

Acara yang di kemas dengan berbagai seni kreasi tarian dari siswa/siswi kelas 1 – 6, sekaligus juga ada kolaborasi dengan mahasiswi KKN Mardeka belajar,sehingga suasana semakin meriah.

Di akhir kegiatan dengan berdo’a bersama, di pimpin ketua komite dan dilakukan pemotongan 2 tumpeng pelepasan siswa menuju jenjang pendidikan berikutnya.

Kepala Dekolah Wiyoto menuturkan kepada awak media klikku.net, bahwasanya capaian pada anak didik cukup memuaskan, dimana tingkat kedisiplinan dalam belajar sangat baik. Walaupun sebelumnya sempat belajar melalui gadget ( HP) karena adanya pandemi.

Dewan guru, selalu memantau kepada anak didik, yang pada saat itu belajar di rumah masing masing. Komunikasi dengan wali murid tetap dilakukan dengan menjaga kwalitas anak dalam belajar. Pemahaman tentang belajar di lingkungan rumah sangat membantu memudahkan guru pendidik, membentuk karakter siswa yang di siplin waktu, dalam hal belajar.

SDN Pripem sudah cukup banyak menghasilkan anak didik hingga anak didik tersebut mampu belajar hingga ke sekolah yang lebih tinggi, ada yang berhasil hingga di perguruan tinggi ternama, seperti ITS SURABAYA, UNESA, UNMER. namun bagi kami guru pendidik tidak cukup puas akan hasil tersebut.

Selanjutnya kepala sekolah wiyoto juga menyampaikan harapannya terkait infrastruktur sarana dan prasarana sekolah, sehingga SDN primpen mampu bersaing dengan sekolah sekolah yang ada di perkotaan, tuturnya.

Disela waktu yang lain dalam lokasi sekolah, awak media sempat mewancarai kepala desa primpen, menurut kepala desa. Memang Sekolah Dasar adalah pendidikan pembentukan dasar berdisiplin, ketika seorang siswa dan siswi tersebut disiplin, maka capaian itu akan di dapat.

Kita sebagai orang tua juga memberikan contoh kepada anak anak untuk disiplin, sehingga proses belajar mereka pun semakin mudah. Karena mulai sekolah dasar sudah terbentuk karakter yang baik.

“Saya bersama dewan komite sekolah akan berusaha mendorong, bagaimana fasilitas sarana dan prasarana sekolah bisa terpenuhi kebutuhannya,” ujarnya.

Selanjutnya salah satu perwakilan dari Mahasiswi KKN Mardeka Belajar juga menyampaikan kepada awak media klikku.net. Menurutnya , “memang SDN Primpen ini, lokasinya cukup jauh dari kota. Namun semangat adik adik siswa dan siswi SDN primpen ini patut diacungi jempol serta terus disemangati. Biarpun Jauh dari Dinas Pendidikan tidak berarti ber malas malasan untuk sekolah, karena kemerdekaan kita adalah mencerdaskan kehidupan bangsa.sepatutnya kita isi dengan belajar, belajar, dan terus belajar,” pungkasnya. Wandi


 

Artikel ini telah dibaca 70 kali

Baca Lainnya