Nasional

Kamis, 28 Juli 2022 - 02:19 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Bambang Haryo Kritisi Longstorage Sidoarjo Belum Dimanfaatkan Pemkab

Sidoarjo – Ketua Dewan Penasehat DPD Partai Gerindra Jawa Timur Bambang Haryo Soekartono, akhir pekan kemarin Sabtu (24/7) mengunjungi longstorage kalimati yang dibangun tahun 2007 silam dan selesai tahun 2019. Megaproyek itu, berkapasitas 2,5 juta ton meter kubik.

Kedatangan Bapak Petani Sidoarjo di areal longstorage itu, langsung disambut keluhan sejumlah petani, lantaran lokasi persawahan mereka tidak teraliri air dengan baik, sehingga mengalami kekeringan.

“Sangat disayangkan, kualitas air dengan standarisasi kelas A-1, tetapi dalam 3 tahun terakhir tidak dimanfaatkan sama sekali oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo”Kata Bambang Haryo.

Seharusnya, kata pemilik sapaan akrab BHS, waduk long storage kalimati ini bisa dimanfaatkan sebagai air baku/air minum, dimana saat ini Sidoarjo masih sangat minim suplay air minum ke masyarakat, baru sekitar 36% yang teraliri air minum/air PDAM di Kabupaten Sidoarjo.

Dilanjutkan, Anggota DPR-RI periode 2014-2019, Waduk ini bisa digunakan untuk pengairan/irigasi tanah pertanian yang ada di Kabupaten Sidoarjo khususnya Kecamatan Tarik, tetapi ironisnya belum ada aliran air dari long storage menuju ke irigasi sawah – sawah yang ada di Kecamatan Tarik bahkan tanah pertanian di Desa Mergobener, Dusun Mergayu yang jaraknya hanya 150 meter dari waduk tersebut mengalami kekeringan dan tanah tidak bisa di tanami padi kalau tidak musim penghujan dan hampir 40% tanah di wilayah Tarik tersebut yang mengalami kekeringan seperti yang ada di desa tersebut.

Demikian juga, kata Alumnus ITS Surabaya ini, potensi perikanan budidaya dengan menggunakan jaring apung yang seharusnya bisa memanfaatkan long storage kalimati juga tidak dilakukan dan bahkan pemanfaatan pariwisata air dan olah raga air dan sebagainya juga tidak dilakukan bahkan dilarang.

“Dari sini saya menekankan yang kebeberapa kalinya kepada Pemerintah Pusat melalui Dirjen PU dan Pemerintah Kabupaten untuk segera memfungsikan sekaligus memanfaatkan long storage tersebut untuk kemakmuran rakyat”Tutup BHS.

Artikel ini telah dibaca 25 kali

Baca Lainnya