Komunitas

Sabtu, 30 Juli 2022 - 08:49 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Peringati 1 Suro, Klenteng Cokro Gelar Ritual Tumpengan Mohon Berkah dan Keselamatan

Surabaya | klikku.net – Puluhan umat Klenteng Hong San Koo Tee atau Klenteng Cokro Surabaya, mengikuti prosesi ritual tumpengan yang digelar di kompleks Klenteng, Sabtu (30/7).

Menurut Erdina Tedjaseputra, salah satu pengurus Klenteng Cokro, kegiatan ini digelar untuk merayakan peringatan 1 Suro, atau Tahun Baru dalam hitungan Jawa.

“Di kompleks Klenteng Cokro ini, juga terdapat altar patung Dewi Sri, atau Dewi Kesuburan dalam kepercayaan Jawa. Di mana umat yang sembahyang di klenteng ini, biasanya juga sembahyang di altar Dewi Sri,” ujarnya.

Ia menjelaskan, bahwa keberadaan altar Dewi Sri bermula saat proses pembangunan klenteng ini, lebih dari 100 tahun lalu. Saat proses pembangunan pondasi bangunan klenteng, ditemukan patung Dewi Sri. Kemudian diputuskan untuk membuatkan satu altar khusus bagi patung Dewi Sri tersebut.

“Sejak beberapa tahun yang lalu, kami putuskan untuk menggelar ritual tumpengan setiap tanggal 1 Suro, untuk menghormati Dewi Sri. Kegiatan ini sempat 2 (dua) tahun kami tiadakan, karena pandemi Covid-19. Dan kami gelar lagi mulai tahun ini. Tapi kegiatannya tidak kami umumkan ke masyarakat luas. Hanya pada umat yang ikut ritual saja, untuk mencegah kerumunan,” ungkapnya.

Dina menjelaskan, tahun ini terdapat 32 tumpeng lengkap plus jajan pasar, dalam kegiatan ini.

“Prosesinya dimulai dengan sembahyang minta ijin di altar Dewa Kong Tik Tjoen Ong, sebagai tuan rumah. Kemudian dilanjutkan dengan sembahyang dan berdoa di depan altar Dewi Sri. Dan dipungkasi dengan memberi pemberkatan pada semua tumpeng. Kami berharap mendapatkan keberkahan, kesehatan, keselamatan, kesejahteraan, serta kehidupan yang lebih baik,” pungkasnya. @Nto tze


 

Artikel ini telah dibaca 216 kali

Baca Lainnya