Komunitas Olahraga

Senin, 1 Agustus 2022 - 06:57 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Dahlan Iskan Apresiasi Seminar dan Pelatihan Tian Xia Taiji Quan 9 Jurus 

Surabaya | klikku.net – Untuk memperkenalkan Tian Xia Taiji Quan 9 Jurus yang diciptakan Pembina Asosiasi Dong Yue Taiji Quan Indonesia (ADYTI) Pusat Adi Setiap. ADYTI Jatim, Tian Xia Taiji Quan Indonesia dan Duta Taiji Indonesia, menggelar seminar dan pelatihan Tian Xia Taiji Quan 9 Jurus di DS Bistro, Surabaya, Sabtu (30/7).

Kegiatan ini dihadiri DR (HC) Dahlan Iskan, serta perwakilan dari Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Jatim dan Sidoarjo.

Dalam sambutannya, Dahlan Iskan sangat mengapresiasi kegiatan ini. Ia mengaku sejak dulu tertarik untuk belajar Tian Xia Taiji Quan.

“Saya sengaja datang untuk mengikuti kegiatan ini. Karena sejak dulu memang tertarik untuk belajar Tian Xia Taiji Quan. Bahkan saya pernah belajar hingga ke Shaolin. Tapi sampai sekarang belum bisa. Mungkin memang harus guru dari Surabaya, supaya bisa,” ujar mantan Menteri BUMN tersebut.

Edi Purwinarto selaku perwakilan dari KORMI Jatim menyampaikan, bahwa pihaknya senantiasa mengembangkan kreasi olahraga yang tepat bagi lansia.

“Tian Xia Taiji Quan 9 jurus termasuk salah satunya. Semoga nantinya Tian Xia Taiji Quan 9 jurus semakin dikenal luas. Dan berkembang menjadi olahraga yang digemari masyarakat,” ujarnya.

Frengky Gani selaku ketua panitia mengatakan, bahwa selama ini Taiji dikenal sebagai olahraga untuk lanjut usia.

“Tetapi, Laoshi Adi Setiago mampu mengkreasi jurus-jurus baru. Dan menegaskan bahwa Taiji harus dipelajari sejak usia muda. Ini untuk membentuk kelenturan dan struktur tubuh yang baik. Sehingga dapat beraktivitas hingga usia tua,” ungkapnya.

Sementara itu, Laoshi Edi Santiago selalu narasumber dan pencipta Tian Xia Taiji Quan 9 jurus menyatakan, bahwa 9 jurus yang ia ciptakan disesuaikan dengan masyarakat Indonesia.

“Selama ini Taiji Quan kurang berkembang di Indonesia. Karena dianggap sebagai olahraga manula. Karena gerakannya lemah gemulai dan kurang semangat, dengan iringan musik klasik yang kuno,” ujarnya.

“Jadi saya menciptakan satu seri gerakan yang lebih gagah, powerfull dan gayanya lebih indah. Ternyata responnya bagus dan banyak peminatnya. Jadi saya ingin menyebarluaskan pada masyarakat,” tambahnya.

“Tapi saya sendiri tentu tidak mampu. Karena itu kami gelar seminar dan pelatihan Tian Xia Taiji Quan 9 Jurus. Dengan harapan peserta kegiatan ini dapat ikut menyebarluaskan pada kelompok olahraganya dan masyarakat,” ungkapnya.

Karena banyaknya peserta, pihaknya terpaksa membagi kegiatan ini menjadi 3 sesi, yakni pada tanggal 9 Juli, 17 Juli dan 30 Juli 2022.

“Karena terbatasnya tempat dan banyaknya peserta, kegiatan ini harus dibagi menjadi 3 sesi. Selain untuk mencegah kerumunan, peserta harus fokus, konsentrasi, rileks dan semangat. Karena tidak hanya praktek gerakan. Tetapi juga saya ajarkan teori-teori dan kegunaan dari jurus-jurus ini. Karena sangat berguna bagi kesehatan jasmani dan rohani. Semoga masyarakat makin menggemari Tian Xia Taiji Quan 9 Jurus. Karena selain menyehatkan, juga membuat kita mudah berkonsentrasi dan tidak mudah pikun,” pungkasnya. @Nto tze


 

Artikel ini telah dibaca 322 kali

Baca Lainnya