Daerah Pemerintahan

Rabu, 10 Agustus 2022 - 14:10 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Pertanian Modern Mendongkrak Perekonomian Petani Duduksampeyan. 

Gresik | klikku.net – Dinas Pertanian Pemkab Gresik melalui koordinator penyuluh UPT DudukSampeyan Darnimawati. Sp, melaksanakan sosialiasi pentingnya pertanian sebagai ketahanan krisis pangan global.

Bersama tim memberikan penyuluhan ketahanan pangan sistem hidroponik, berbagai jenis tanaman yang bisa di tanam dengan sistem ini.

Kemudian mengembangkan tanaman hidroponik tidak memerlukan lokasi atau tanah yang luas. Menanam secara hidroponik, bisa di pekarangan rumah yang sempit.

Bahan bahan untuk membuat atau menanam tidak lah sulit. Karena di sekitar kita sudah banyak tersedia. Salah satu contoh adalah botol minuman air mineral bekas. Bisa di manfaatkan media tanam dengan memakai sirkulasi air yang terpompa dari tempat penampungan air yang terus berputar.

Modal atau biaya produksi pun tidaklah mahal, namun bisa menghasilkan tanaman sayur mayur yang sehat dan bebas zat kimia pestisida.

Darnimawati  menuturkan  pertanian di wilayah Duduksampeyan kebanyakan melakukan kegiatan bertani tambak ikan dan tanam padi tiap tahun, berkutat itu itu saja.

Petani harus berani ber inovasi, agar semakin makmur dan sejahtera. Jika menaman tanaman hidroponik di pekarangan rumah, kondisi pekarangan menjadi hijau dan sejuk. Begitu juga ibu ibu petani bisa menambah penghasilan dari menanam hidroponik.

“Bertani hidroponik ini ,tidak terlalu menyita waktu yang banyak.sehingga bisa ber aktivitas pada tambak atau tanaman sawah,” ujarnya.

Warga petani Duduksampeyan yang mendapatkan penyuluhan langsung. Dan banyak sekali pertanyaan yang di lontarkan kepada tim penyuluh. Dan satu persatu , pertanyaan warga di jawab oleh Tim penyuluh.

Salah satunya warga petani sekaligus Ketua assosiasi gabungan kelo kecamatan Duduksampeyan perihal tanaman hidroponik dan dampak iklim pada tanaman. Serta ketahanan tanaman terhadap serangan penyakit dari virus atau jamur pada tanaman. Yang kemudian di jawab lengkap solusi solusinya pada jenis tanaman hidroponik oleh tim penyuluh.

Sungatni Hadi yang merupakan ketua assosiasi Gapoktan menyampaikan terima kasih atas sosialisasi program pemberdayaan dan peningkatan ekonomi warga petani, dengan menamam tanaman hidroponik menjadi penghasilan tambahan bagi petani.

“Semoga Ibu penyuluh pertanian sehat selalu, dan tetap bisa memberikan ilmu pengetahuan bertani di wilayah Kecamatan Duduksampeyan ini,” ujarnya.

Warga berharap ibu Darnimawati. Sp tetap mendampingi petani, hingga semuanya bisa sukses dan sejahtera.

“Jadi warga berharap pada ibu penyuluh pertanian tidak di pindah tugas di tempat lain. Karena kami masih butuh bimbingan. Jika ibu di pindah tugas dinas, warga petani di sini pasti banyak temui persoalan dalam bertani dan tidak temukan solusi,” pungkasnya. Wandi


 

Artikel ini telah dibaca 179 kali

Baca Lainnya